DEPOK, iNews Depok.id - Ketua Komisi A DPRD Kota Depok, Hamzah melakukan sosialisasi sosialisasi tugas dan fungsi Komisi A di Sukamaju Baru, Tapos, Depok, Kamis (7/12/2023).
Salah satu keluhan yang disampaikan warga adalah terkait masalah warga yang sudah pindah akan tetapi alamat KTP masih di alamat yang lama. Keluhan ini disampaikan oleh Tri Sunanto selaku Ketua RT 03.
"Mungkin Komisi A dengan Pemkot Depok bisa memberikan solusi karena hal tersebut menyulitkan kami dalam pendataan," ujar Tri.
Menanggapi hal tersebut, Hamzah secara tegas mengatakan, terkait identitas kependudukan merupakan hak setiap warga.
"Memang identitas kependudukan adalah hak setiap warga sudah diatur dalam UUD 1945 kita tidak bisa memaksa, tinggal bagaimana orang tersebut mau pindah. Ini bagian dari kesadaran orang itu sendiri," kata Hamzah.
Lebih lanjut, Hamzah menjelaskan kalau kita mencabut kita bisa bermasalah dan bisa dituntut baik perdata maupun pidananya.
"Begitu pentingnya identitas kependudukan makanya harus ada kesadaran diri makanya perlu pemahaman. Ini sebagai masukan nanti kita bawa ke Disdukcapil apa yang menjadi keluh kesah di lingkungan," jelasnya.
Di tempat yang sama, Supriyono juga mengeluhkan hasil pembangunan jalan baru berumur 3 bulan sudah retak.
"Apa mungkin dikurangi takarannya oleh pemborong, saya minta pihak DPRD melalui PUPR agar mengutamakan kualitas. Dan satu lagi di wilayah disini sekolah belum ada baik SMP maupun SMA Negeri, tuturnya.
Menjawab hal tersebut, Hamzah mengatakan, untuk bangunan dan jalan yang dibangun Pemkot itu yang mengecek konsultan jadi bukan dari ASN. Nanti di rapat badan anggaran kita sampaikan, supaya konsultan dalam mengawasi lebih ketat.
"Mengenai SMP di Sukamaju Baru, kita ini harus diakui di Depok baru ada 34 SMP yang seharusnya tiap kelurahan 1 SMP. Didalam pembahasan anggaran 2024 nanti kita perjuangkan, karena ini janji politiknya. Tahun depan ada 3 SMP yang dibangun, di Tapos, Pancoran Mas dan di Cimanggis," kata Hamzah.
Kehadiran Komisi A di Sukamaju Baru disambut baik oleh warga. Mereka mengapresiasi peran aktif Komisi A dalam menjawab keluhan warga.
"Saya senang ada sosialisasi ini, jadi kita tahu apa saja tugas dan fungsi Komisi A. Terima kasih Pak Hamzah sudah menjawab keluhan kami," ujar Tri.
Kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya Komisi A untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang tugas dan fungsi DPRD. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat dan menindaklanjutinya.
Editor : M Mahfud