get app
inews
Aa Read Next : Dukung Desainer dan Jenama Lokal hingga ke Luar Negeri Lewat ZALORAYA 2024

Pendopo Hadirkan Fashion Show Buleleng Kita

Senin, 11 Desember 2023 | 22:23 WIB
header img
Para model berfoto bersama Manajemen Pendopo, Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bank Mandiri, Desainer Lokal, dan perwakilan UMKM Tekstil dan Pakaian Buleleng pada puncak acara Fashion Show Buleleng Kita, Denpasar, 8 Desember 2023. Foto; Dok

DENPASAR, iNewsDepok.id - Sebagai upaya pelestarian budaya, Pendopo menghadirkan fashion show Buleleng Kita di Amphitheater Living World Denpasar, Bali, pada Jumat, (8/12/2023). Kegiatan ini merupakan puncak program pembinaan dan pelatihan UMKM Tekstil dan Pakaian di Kabupaten Buleleng, yang dilakukan Pendopo bekerja sama dengan desainer lokal dan Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Selain menampilkan 74 karya dalam fashion show, Pendopo juga menghadirkan lebih dari 40 UMKM dari Buleleng dalam Festival UMKM Buleleng pada 7-10 Desember di Living World Denpasar.

Pendopo merupakan merek usaha Kawan Lama Group yang menjadi rumah bagi UMKM lokal dan telah bekerja sama dengan lebih dari 200 UMKM di nusantara. Melalui slogan “Ragam Satu Negeri”, Pendopo berperan sebagai ekosistem pendorong pengembangan produk lokal dan pelestarian budaya Indonesia.

Tasya Widya Krisnadi, Direktur Pendopo, menjelaskan salah satu wujud upaya Pendopo dalam pelestarian budaya adalah program pemberdayaan masyarakat, khususnya produsen produk budaya lokal.

“Tahun lalu, Pendopo sudah melakukan kegiatan ini bagi para penenun ikat Sikka di Kabupaten Sikka, NTT, dan tahun ini kami menghadirkan program serupa di Kabupaten Buleleng, Bali, yang memiliki pesona dan hasil alam yang tinggi serta menyimpan banyak potensi industri fesyen,” ujar Tasya dalam keterangannya.

Sejak awal Juni 2023, Pendopo menghadirkan program pendampingan dan pelatihan untuk UMKM Tekstil dan Pakaian yang dilaksanakan di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) milik Pemerintah Kabupaten Buleleng di Jl. Ahmad Yani, Singaraja, Kecamatan Buleleng.

Pelatihan ini menjangkau lebih dari 40 penjahit lokal, ibu rumah tangga, juga pelajar di Kabupaten Buleleng.

Berkolaborasi dengan desainer lokal, serangkaian pelatihan online dan offline dilaksanakan berfokus pada keterampilan mendesain dan menjahit menggunakan bahan utama kain tenun Bali.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut