get app
inews
Aa Read Next : Video Dandim Depok Coba Mobil Listrik Di Sela-sela Cek Kesiagaan PLN UP3 Pasok Listik Selama Lebaran

ABB Dukung Pasokan Listrik Andal Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung Terbesar di Asia Tenggara

Sabtu, 09 Desember 2023 | 09:26 WIB
header img
PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Waduk Cirata Jawa Barat, diresmikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beberapa waktu lalu. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - ABB, sebuah perusahaan global di bidang elektrifikasi dan otomatisasi menghadirkan solusi distribusi listrik berteknologi terdepan.

Kehadiran ABB bertujuan mendukung Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung terbesar di Asia Tenggara dengan mendistribusikan pasokan energi andal dan ramah lingkungan ke sekitar 50.000 rumah.

PLTS terapung seluas 250 hektar yang berlokasi di Waduk Cirata Jawa Barat ini, diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Proyek ini serupa dengan berbagai proyek instalasi tenaga surya terapung di dunia yang dibangun di atas pembangkit listrik tenaga air dengan tujuan menghasilkan pasokan listrik yang andal, efisien, dan bersih. 

Langkah ini sejalan dengan hasil studi jurnal Nature yang mengkalkulasi besaran energi listrik yang dihasilkan dari penggunaan 10 persen PLTA yang ada di seluruh dunia melalui panel surya terapung adalah setara dengan tenaga listrik berbahan bakar fosil yang ada di seluruh dunia. 

Sejalan dengan hal itu, Pemerintah mengintegrasikan peningkatan porsi energi terbarukan ke dalam sistem ketenagalistrikan sebagai hal yang krusial dalam mendukung pencapaian target energi terbarukan sebesar 23 persen pada 2025.

Proyek PLTS Terapung Cirata merupakan kolaborasi antara pemerintah Indonesia, melalui PT PLN Nusantara Power dengan Masdar, sebuah grup energi terbarukan yang berbasis di Abu Dhabi. 

Dengan menggandeng tenaga ahli lokal, ABB berhasil menginstalasi, menguji, dan mengoperasikan switchgear berinsulasi udara primer (AIS) tegangan menengah (MV) pada tahap pertama proyek tersebut yang memiliki kapasitas 192-megawatt peak (MWp), atau hampir 30 kali lipat dari kapasitas Ladang Tenaga Surya Terapung terbesar di Eropa, yaitu waduk Alqueva, Portugal.

Ditambah lagi, jangkar dan tambatan yang digunakan di Bendungan Cirata, yang mencapai kedalaman 100 meter, merupakan yang terdalam di dunia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut