get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Seekor Bayi Badak Jantan Lahir di Balai Taman Nasional Way Kambas

Selasa, 28 November 2023 | 06:52 WIB
header img
Seekor bayi badak berjenis kelamin jantan lahir di Balai Taman Nasional Way Kambas, Sabtu (25/11/2022). Foto: Ist

PANDEGLANG, iNewsDepok.id - Seekor anak badak Sumatera berjenis kelamin jantan lahir di Pusat Penangkaran Badak Sumatera atau Suaka Rhino Sumatera (SRS) Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, Sabtu (25/11/2023).

Badak Sumatera atau Dicerorhinus Sumatrensis merupakan satu-satunya spesies yang tersisa dari genus Dicerorhinus. Umumnya badak ini ditemukan di daerah berbukit-bukit yang dekat dengan air. 

Dirangkum dari berbagai sumber, kelahiran badak ini menjadi kelahiran badak Sumatera kedua di tahun 2023.

"Seekor bayi badak telah lahir, pada Sabtu pukul 04.00 WIB," ujar Humas Balai TNWK Sukatmoko di Lampung Timur, Minggu (26/11/2023).

Anak badak tersebut lahir dari induk bernama Delilah berumur 7 tahun, yang merupakan perkawinannya dengan badak Harapan.

Induk Delilah sendiri merupakan badak yang lahir dari perkawinan badak Ratu dan badak Andalas di SRS TNWK pada 11 Mei 2016. Sedangkan jantan Harapan lahir di Kebun Binatang Cincinnati, AS tahun 2007 dan dipulangkan ke SRS TNWK pada tahun 2015.

Nama Delilah merupakan nama pemberian dari Presiden Joko Widodo yang diberikan saat peluncuran dan penetapan Taman Nasional Way Kambas menjadi Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park), Kamis, 28 Juli 2016.

"Kelahiran anak badak ini adalah sebuah kabar gembira, dan hal ini menjadi sesuatu yang positif bagi konservasi badak Sumatera di Indonesia terutama di TNWK. Kami doakan Delilah dan anaknya selalu sehat, dan populasi badak Sumatera kembali meningkat," ujar Sukatmoko.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut