get app
inews
Aa Read Next : Pemprov DKI Jakarta Lakukan Program Sembako Murah untuk Menjaga Inflasi

Hore, Pulau Onrust Akan Dijadikan Eduwisata Sejarah

Sabtu, 18 November 2023 | 00:03 WIB
header img
Pulau Onrust. Foto: MNC Portal Indonesia

Berdasarkan informasi terbaru dari tim arkeologi, katanya, mereka telah menemukan dugaan peninggalan kolonial yang di antaranya sisa fondasi benteng besar pertahanan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada 1600 Masehi.

Penemuan ini selanjutnya akan ditelaah lebih jauh untuk membuktikan kebenaran benteng besar itu apakah sama dengan yang digambarkan dalam peta buatan JW Heiydt pada 1744.

"Tidak hanya itu juga ada penemuan lain yang didapatkan tim, kita harapkan semua berjalan dengan lancar semata untuk melestarikan sejarah budaya di Jakarta ini," ujarnya.

Pulau Onrust salah satu pulau bersejarah di gugusan Kepulauan Seribu dan ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya berdasarkan Keputusan Gubernur Jakarta Nomor 2209 Tahun 2015.

Fungsi Pulau Onrust terus berkembang sejak 1600 hingga 1990, mulai tempat peristirahatan Pangeran Kesultanan Banten, kemudian diambil alih pasukan VOC untuk menjadi dermaga pembuatan dan perbaikan kapal, hingga gudang penyimpanan komoditas ekspor rempah.

Selanjutnya menjadi sebagai salah satu basis pertahanan laut pasukan Hindia Belanda di utara Batavia hingga menjadi tempat karantina penderita virus Leptospirosis dan penjara pada era kolonial Jepang.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut