get app
inews
Aa Read Next : Hore, Pulau Onrust Akan Dijadikan Eduwisata Sejarah

Hati-hati! Minum Langsung dari Kaleng Ternyata Bisa Berbahaya bagi Kesehatan, Ini Alasannya

Kamis, 02 November 2023 | 10:29 WIB
header img
Tahukah Anda ternyata minum langsung dari kaleng bisa berbahaya bagi kesehatan. Foto ilustrasi: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Tahukah Anda ternyata minum langsung dari kaleng bisa berbahaya bagi kesehatan. Seringkali seseorang memilih minuman kaleng dingin untuk dikonsumsi, dibuka kalengnya dan ditenggak langsung dari kalengnya,

Minum minuman dingin langsung dari kalengnya memang praktis dikonsumsi dan terasa nikmat, tetapi sebaiknya jangan dilakukan lagi. Tapi ternyata minum langsung dari kaleng mungkin menimbulkan beberapa efek samping. Apa saja?

Melansir FoodNDTV pada Kamis (2/11/2023), dalam media sosialnya ahli gizi Simrun Chopra mengatakan minum minuman langsung dari kaleng bisa berbahaya bagi kesehatan, baik ringan hingga berat.   

Dimulai dari memahami proses pengemasan minuman, seperti diketahui kaleng dibuat oleh suatu unit produksi, kemudian dikirim ke perusahaan minuman.

Minuman tersebut disimpan di dalam gudang dan kemudian langsung digunakan untuk mengemas minuman. Menurut Chopra, kaleng-kaleng tersebut jarang dibersihkan atau dicuci sebelum disajikan kepada konsumen.

“Selama penyimpanan mungkin ada tikus yang berlarian di atasnya sehingga menutupi sebagian dengan urin atau feses. Jika tidak sengaja menelannya dapat menyebabkan leptospirosis,” ujar Chopra.

Untuk diketahui, leptospirosis adalah penyakit bakteri yang dapat menyerang hewan dan manusia. Pada manusia, jelas Chopra, penyakit ini dapat menyebabkan berbagai gejala, yang beberapa di antaranya diartikan sebagai penyakit lain dan beberapa orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Gejala ringan leptospirosis di antaranya sakit kepala, demam, sakit perut, dan diare. Di sisi lain, masalah yang parah dapat mengakibatkan kerusakan ginjal atau hati, penyakit pernapasan, dan banyak lagi.

Lantas bagaimana mencegahnya jika ingin minum minuman kaleng? Berikut 3 tips dari Chopra minum minuman kaleng tanpa efek samping:

  1. Buka tutup kaleng, tuang minuman ke dalam gelas, lalu teguk.
  2. Cuci kaleng dan lap dengan tisue atau kain bersih sebelum diminum.
  3. Buka tutup lakeng, masukkan sedotan ke dalamnya dan minum.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut