get app
inews
Aa Read Next : Hore, Pulau Onrust Akan Dijadikan Eduwisata Sejarah

Ternyata Ini Sejarah Lagu Nina Bobo, Lagu Terpopuler untuk Bayi

Senin, 13 November 2023 | 14:14 WIB
header img
Lagu Nina Bobo sangat pupuler yang ditujukan untuk pengantar anak bayi tidur. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id -  Sejarah lagu Nina Bobo, lagu tradisional Indonesia yang diciptakan oleh pasangan suami istri  Indobelanda pada abad ke-19 untuk anak perempuan mereka. Lagu populer Nina Bobo ternyata punya manfaat besar

Menyanyikan lagu untuk bayi merupakan kebiasaan yang sangat baik bagi orang tua. Selain dapat membangun ikatan emosional antara orang tua dan anak, menyanyikan lagu juga dapat membantu bayi dalam memperkaya kosakata dan mempelajari bahasa.

Dirangkum dari berbagai sumber, lagu Nina Bobo memiliki irama yang lembut dan lirik yang sederhana, yang mengisahkan tentang seorang anak yang ingin tidur dengan nyenyak. Lagu ini juga sering dinyanyikan oleh orang tua atau pengasuh untuk menenangkan bayi yang rewel atau sulit tidur.

Menurut beberapa penelitian, menyanyikan lagu Nina Bobo untuk bayi memiliki berbagai manfaat, antara lain:

1. Membantu mengembangkan keterampilan mendengarkan. Bernyanyi adalah cara yang baik untuk mendapatkan perhatian dan fokus bayi.

Ketika mendengarkan lagu, anak belajar duduk tenang, dan mendengarkan lirik. Pada akhirnya hal ini bisa mengembangkan kemampuan berkomunikasi, yang biasanya diawali dengan meniru lirik pada lagu.

2. Membantu perkembangan otak. Menyanyikan lagu kepada bayi juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan perkembangan otak anak. Biasanya, lagu-lagu pengantar tidur, justru membantu meningkatkan perhatian bayi dan ekspresi emosi positifnya kepada orang di sekitar.

Lagu juga dapat merangsang aktivitas saraf otak yang berkaitan dengan memori, bahasa, dan kreativitas.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut