get app
inews
Aa Text
Read Next : Kinovation Batch 3, Kino Indonesia Dukung Kemajuan Merek Lokal Inspiratif dan Ramah Lingkungan

5 Merek Makanan Lokal yang Sering Dikira Berasal dari Luar Negeri

Minggu, 10 Desember 2023 | 09:24 WIB
header img
5 merek makanan lokal yang sering dikira berasal dari luar negeri. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Ada beberapa merek makanan yang sering dikira sebagai merek dari luar negeri, namun merek-merek tersebut aslinya berasal dari Indonesia sendiri atau merek lokal.

Dilansir dari unggahan akun instagram @depok24jamkuliner, 5 merek makanan lokal yang sering dikira dari luar negeri adalah CFC, Hokben, J.CO Donuts, Richeese Factory dan Sour Sally.

1. CFC (California Fried Chicken) merupakan perusahaan generasi pertama di Indonesia yang memperkenalkan konsep cepat saji yang berdiri pada tahun 1983. Sebelumnya perusahaan ini memegang waralaba California Pioneer Chicken dari Pioneer Take Out - Amerika Serikat. Namun pada 1989 perusahaan melepaskan diri dari waralaba dan memproduksi hingga memasarkan produk sendiri yaitu California Fried Chicken

2. Hokben (Hoka Bento) didirikan pada 18 April 1985 di Kebon Kacang, Jakarta Pusat oleh Hendra Arifin dengan naungan PT. Eka Bogainti. Pada saat itu konsep makanan cepat saji ala Jepang belum ada, inilah yang menjadi motivasi Hendra Arifin membuat Hoka Bento. 

3. J.CO Donuts adalah produk lokal yang seringkali di kira berasal dari luar negeri. J.CO singkatan dari Jogja Coffe. Merek ini didirikan pada tahun 2005 oleh pengusaha Salon Johnny Andrean yang terinspirasi dari donat di Amerika ketika Johnny melakukan perjalanan bisnis ke Amerika.

4. Richeese Factory merupakan gerai makanan cepat saji asal Indonesia yang cocok untuk penggemar ayam pedas saus Korea. Richeese berdiri dari tahun 2011 dan membuka gerai makanan pertamanya di Kota Bandung. Richeese dimiliki oleh PT Richeese Kuliner Indonesia yang merupakan anak usaha dari Kaldu Sari Nabati.

5. Sour Sally didirikan oleh Donny Pramono pada tahun 2008 dan merupakan pioneer frozen yoghurt di Indonesia. Sour Sally sudah mencapai 28 outlet yang tersebar di beberapa kota di Indonesia bahkan sudah merambah negara tetangga yakni Singapura. 

Produk-produk yang kerap kita sangka dari luar negeri ternyata banyak yang merupakan produk lokal Indonesia, beberapa diantaranya bahkan sudah diekspor ke luar negeri.  Hal ini menjadi bukti bahwa produk lokal dapat bersaing di kancah internasional.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut