get app
inews
Aa Read Next : Siapakah Saleh al-Arouri, Pemimpin Hamas yang Terbunuh di Beirut?

Di Washington, Menteri Pertahanan Saudi Serukan Gencatan Senjata Segera di Gaza

Selasa, 31 Oktober 2023 | 13:26 WIB
header img
Pangeran Khalid menegaskan untuk menghentikan pertempuran. Foto: Asharq Al Awsat

DEPOK, iNewsDepok.id - Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman menekankan perlunya gencatan senjata segera di Gaza dalam pertemuan dengan seorang pejabat senior AS pada hari Senin.

Seruan tersebut muncul ketika situasi kemanusiaan di wilayah kantong Palestina memburuk ketika Israel melakukan kampanye militer besar-besaran melawan Hamas.

Bertemu dengan Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional AS, Pangeran Khalid menegaskan kembali seruan Kerajaan untuk menghentikan pertempuran.

“Saya menekankan perlunya gencatan senjata segera di Gaza, perlindungan warga sipil, mengizinkan bantuan kemanusiaan, dan melanjutkan proses perdamaian,” tulis Pangeran Khalid di X setelah pertemuan tersebut.

Pasangan ini menegaskan “kebutuhan mendesak untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Gaza,” menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih, dan menambahkan bahwa mereka menekankan perlunya menemukan perdamaian berkelanjutan antara Palestina dan Israel, yang dibangun atas dasar hubungan Saudi-AS. upaya selama beberapa bulan terakhir.

Militer Israel mulai memindahkan pasukan darat ke Gaza pada akhir pekan, didukung oleh perlindungan udara, di tengah seruan untuk menghentikan pertempuran guna memungkinkan akses kemanusiaan dan mencegah pertumpahan darah lebih lanjut.

Para pemimpin Israel telah bersumpah untuk menghancurkan Hamas setelah kelompok tersebut melancarkan serangan multi-cabang di wilayah Israel yang menewaskan lebih dari 1.400 orang, sebagian besar warga sipil. 

Israel telah menghabiskan waktu berminggu-minggu membombardir Jalur Gaza yang berpenduduk padat dan menyebabkan lebih dari 8.000 orang, sebagian besar warga sipil, tewas.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak seruan gencatan senjata pada hari Senin, dan mengumumkan perluasan operasi darat. Dia berjanji bahwa Israel akan “berjuang sampai pertempuran ini dimenangkan”.

Kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina, Philippe Lazzarini, mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa “gencatan senjata kemanusiaan yang segera telah menjadi masalah hidup dan mati bagi jutaan orang,” dan menuduh Israel secara kolektif menghukum warga Gaza.

Pekan lalu, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden AS Joe Biden menyampaikan seruan mengenai situasi di Gaza. Putra mahkota meminta AS segera bekerja untuk membahas cara menghentikan operasi militer Israel yang telah memakan korban jiwa tak berdosa.

Pangeran Khalid dan Sullivan juga “menegaskan pentingnya menghalangi aktor negara atau non-negara untuk memperluas konflik.”

Penasihat Biden menyambut Pangeran Khalid, yang tiba di ibu kota AS pada hari Senin, dan delegasi yang menyertainya dan membahas “upaya berkelanjutan untuk memperkuat kemitraan pertahanan antara Amerika Serikat dan Arab Saudi, yang selama beberapa dekade telah menjadi landasan bagi stabilitas dan pencegahan regional."

Mengenai Yaman, Pangeran Khalid menulis: “Kami juga membahas upaya Kerajaan di Yaman untuk mengakhiri krisis dan mencapai perdamaian.” Gedung Putih berkata: “Tuan. Sullivan menyambut baik penurunan eskalasi konflik secara signifikan selama satu setengah tahun terakhir dan mendukung upaya yang dipimpin Saudi untuk mengakhiri perang.”

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut