get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

FLOII Expo 2023, Pesona Tanaman Hias dengan Inspirasi Bisnis yang Menghijau

Rabu, 04 Oktober 2023 | 08:29 WIB
header img
Pintu Masuk FLOII Expo 2023 yang diadakan di ICE BSD Hall 2, Serpong, Tangerang Selatan pada tanggal 28 September - 1 Oktober 2023. Foto: iNewsDepok/ Marsaulina Lumbanraja

TANGERANG, iNewsDepok.id -  Para pecinta tanaman hias dan pelaku bisnis di bidang florikultura berkumpul dalam Floriculture Indonesia International Expo atau FLOII Expo 2023, sebuah ajang pameran internasional yang kembali digelar pada tahun ini.

Acara dilaksanakan di ICE BSD City Hall 2, Serpong, Tangerang Selatan dan berlangsung 4 hari dari tanggal 28 September - 1 Oktober 2023, FLOII Expo 2023 membuka pintunya untuk mengundang para pehobi tanaman hias dan pelaku usaha dari berbagai belahan dunia.

FLOII Expo 2023 menjadi pusat perhatian para pecinta keindahan hijau dengan menawarkan inspirasi dan peluang bisnis yang terbuka lebar di pasar tanaman hias, baik di tingkat domestik maupun mancanegara. Ajang ini tidak hanya menjadi tempat untuk berbagi pengetahuan mengenai tanaman hias, tetapi juga menjadi wadah untuk melakukan transaksi bisnis bernilai miliaran rupiah.

FLOII Expo 2023 menyajikan beragam tanaman hias dari berbagai negara, memukau para pengunjung dengan keindahan alam yang mengagumkan. Pengunjung dapat menjelajahi dan memilih berbagai jenis tanaman hias yang sesuai dengan preferensi dan selera mereka.

Salah satu daya tarik utama pameran ini adalah adanya kebun raya yang ikut serta dalam memamerkan koleksi tanaman hias. Keberadaan kebun raya ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengeksplorasi tanaman-tanaman khas dari berbagai belahan dunia.

Tidak hanya itu, FLOII Expo 2023 juga menjadi wadah bagi berbagai pihak terkait untuk memamerkan inovasi dan produk-produk terbaru terkait tanaman hias. Para pelaku bisnis dapat memanfaatkan momentum ini untuk menjajaki pasar dan menjalin kemitraan strategis di industri florikultura.

Pentingnya ajang seperti FLOII Expo 2023 tidak hanya dalam konteks hobi, tetapi juga dalam perspektif bisnis, terlihat dari apresiasi yang diberikan oleh Menteri Sosial. Beliau menyambut baik minat tinggi anak muda terhadap tanaman hias, melihatnya sebagai indikasi potensi besar bisnis tanaman hias di masa depan.

Para pengunjung, seperti Yola, dengan sengaja meluangkan waktu untuk datang karena ajang ini menjadi tempat ideal untuk mencari tanaman hias yang telah lama mereka incar.

Yola, seorang pecinta berkebun, berbagi alasannya mengapa dia begitu bersemangat menghadiri acara ini. Baginya, melihat tanaman langsung sebelum membeli adalah pengalaman yang tak tergantikan. Dia menemukan tanaman hoya yang sudah lama diinginkan, dan meskipun harganya agak tinggi, kepuasannya sangat berarti.

“Saya ke sini mencari sesuatu yang belum kami tahu sebelumnya dan yang sudah lama kami cari tapi belum pernah menemukan. Seperti yang saya temui hari ini, saya sudah menaksir tanaman hoya, tapi belum pernah berani membeli karena saya ingin melihat langsung sebelum memutuskan. Tapi setelah melihat di sini, saya langsung membelinya,” ujar Yola.

Tidak jauh berbeda, Anton, seorang peserta pameran dari Bandung, juga membagikan persiapannya. Dia memantau tren tanaman apa yang sedang populer untuk menambah koleksi selama pameran.

“Kami membawa anthurium, homalomena, philodendron, dan alocasia. Tentu, kami juga menyesuaikan dengan tren yang sedang populer. Kami membawa koleksi tanaman, bahkan jika tidak dijual, kami bawa untuk memamerkannya,” jelas Anton.

Menurutnya, FLOII Expo 2023, yang telah memasuki edisi kedua, mengalami peningkatan signifikan. Salah satu tanaman yang paling diminati adalah anthurium, bahkan harganya dapat mencapai Rp 500 juta.

“Harga anthurium berkisar dari 500 ribu hingga yang termahal mencapai 500 juta. Anthurium papilaminum yang berusia 1,5 tahun dijual dengan harga 500 juta, sedangkan anakannya yang berusia 5 bulan ditawar sekitar 120 juta. Anthurium papillilaminum parigata adalah yang paling mahal, dengan harga awal 200 juta,” tutupnya.

Dengan antusiasme dan minat yang tinggi dari para pecinta tanaman hias, FLOII Expo 2023 terus menjadi magnet bagi mereka yang mencintai keindahan alam dan dunia hijau yang penuh potensi.

Tidak hanya sebagai pameran, tetapi juga sebagai ajang untuk berbagi cerita dan pengetahuan seputar tanaman hias, menjadikannya salah satu acara yang ditunggu-tunggu di dunia florikultura. Tetap pantau berita terbaru seputar FLOII Expo 2023 untuk mendapatkan informasi terkini dan wawasan yang lebih dalam tentang tren dan berita di dunia tanaman hias.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut