get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Ampuhnya Totok Punggung untuk Kesehatan, Bisa Atasi Serangan Jantung dan Aneka Penyakit

Senin, 02 Oktober 2023 | 08:34 WIB
header img
Ustaz Sutikno, Trainer Totok Punggung dalam kegiatan Sehat Bersama PKS di kelurahan Cisalak Pasar Cimanggis, Minggu, 1 Oktober 2023. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.idTotok punggung bisa digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan termasuk serangan jantung.

Hal tersebut diungkapkan Ustaz Sutikno, Trainer Totok Punggung dalam kegiatan Sehat Bersama PKS di kelurahan Cisalak Pasar Cimanggis, Minggu, 1 Oktober 2023.

Totok punggung adalah terapi pijat asal Tiongkok (Cina) yang menggunakan teknik mirip dengan akupunktur. Terapi pijat ini menargetkan titik-titik tertentu.

Bedanya dengan akupuntur, terapi ini tidak menggunakan jarum. Totok punggung dilakukan menggunakan tangan dengan cara memijat, menekan, atau menotok titik-titik tertentu di bagian punggung.

Menurut Sutino, metode pengobatan dengan Totok Punggung ini sangat mudah dipelajari semua pihak dan khasiatnya sudah teruji mengobati beragam sakit.

"Totok punggung ini mudah dipelajari dan aman dan khasiatnya banyak," kata Sutikno.

Sutikno mengungkapkan pernah menolong seorang warga yang terkena serangan jantung dengan metode Totok Punggung.

"Persis didepan saya, beberapa bulan lalu, ada warga yang tiba-tiba jatuh, ternyata terkena serangan jantung mendasak. Refleks, saya coba Totok Punggungnya dan Alhamdulillah atas izin Allah warga tersebut kembali sehat," tutur Sutikno.

Untuk dapat memberikan totokan yang pas, Sutikno mengajarkan tips praktis, mulai dari gerakan jari telunjuk dan memberikan informasi titik titik yang bisa ditotok.

Sementara itu ketua acara, Muhammad menyampaikan bahwa kegiatan Totok Punggung ini adalah sebagai komitment PKS untuk memberikan pelayanan ke masyarakat yang sudah rutin dilaksanakan.

"PKS itu pelayan rakyat dan pembela rakyat, jadi kami selalu hadir rutin melayani masyarakat" jelas Muhammad.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut