get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Ada Jejak TNI dalam Pelestarian Situ Gadog Depok (3)

Jum'at, 29 September 2023 | 10:03 WIB
header img
Plang di pinggir Situ Gadog Depok yang menunjukkan ada peran TNI dalam pelestarian Situ Gadog. Situ yang terletak di pinggir Jalan Radar Auri menarik karena airnya tetap penuh meski Depok dilanda musim kemarau. Foto: iNews Depok/Mada Mahfud

DEPOK, iNewsDepok.idSitu Gadog Depok menjadi salah satu situ yang menarik di Depok. Dalam musim kemarau yang cukup ekstrim ini, Situ Gadog tetap penuh air dan tak ikut kering seperti sejumlah situ lainnya di Depok.

iNews Depok turun langsung melakukan peliputan Situ Gadog yang terletak di Jalan Radar Auri, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.   Situ Gadog memiliki luas 1,3 hektare.

Dalam tulisan seri 1 sebelumnya, iNews Depok cukup terkejut dengan kondisi Situ Gadog yang airnya tetap penuh di musim kemarau. Terpaan sinar terik matahari di musim kemarau, membuat Situ Gadog tampak cantik.


Situ Gadog tampak indah dengan airnya tak kering di musim kemarau. Foto: iNews Depok/Mada Mahfud

 

 

Warna kehijauan permukaan air terpantul ke sekeliling.  Suasana panas ekstrim musim kemarau langsung sirna ketika duduk di pinggir Situ Gadog.

Tulisan seri 2 sebelumnya menjawab rasa penasaran kenapa Situ Gadog tetap terisi air di musim kemarau. Ternyata keberadaan mata air yang dikonservasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane memiliki peran penting untuk mengalirkan air secara efektif ke Situ Gadog.

Dalam tulisan seri 3 ini, terungkap ada peran TNI dalam pelestarian Situ Gadog. Hal itu didapati iNews Depok dari sebuah plang di pinggir danau.

Plang besi bercat putih dengan tulisan warna hitam. Sayangnya plang tertutup tanaman yang merambat di bagian atas.

Hanya terbaca di bagian bawah: ”Pengawasan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane dan Komando Daerah Militer Jaya/Jakarta”.

Iyus Wirawan penduduk setempat mengungkapkan TNI memang ikut melestarikan Situ Gadog. Dengan mengerahkan personelnya beberapa tahun lalu, mereka ikut mengangkat lumpur sedimen Situ Gadog serta membersihkan dari kotoran sampah yang menumpuk.

Tak hanya pelestarian di bagian Situ Depok, TNI juga ikut menata bagian hulu yaitu Kawasan Lindung Sumber Air Situ Gadog.

”Di situ ada beton-beton, TNI ikut bangun,” ungkap Mutiara, seorang pedagang kopi dan mie instan di pojok Situ Gadog.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut