get app
inews
Aa Read Next : Kekerasan Seksual dan Psikis Butuh Lebih Banyak Perhatian dari Pemerintah Indonesia

Ridwan Kamil Siap Nyapres, Sedang Cari Parpol Pengusung

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:57 WIB
header img
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Pemprov Jabar

BALI, iNew.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan kalau dirinya telah siap untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilres 2024, dan saat ini dia sedang intens menjalin komunikasi dengan semua Parpol untuk mencari partai yang akan mengusungnya.

"Lahir batin kan sudah siap, sudah siap, tinggal masalahnya itu; Parpol-nya apa. Nanti saya kabari," katanya seperti dilansir iNews, Rabu (19/1/2022).

Pernyataan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, itu disampaikan untuk menanggapi dukungan yang diberikan Angkatan Muda Siliwangi (AMS) agar dirinya maju di Pilpres 2024

Dukungan itu disampaikan dalam Musyawarah AMS Perwakilan Bali di Hotel Aryaduta Bali, Selasa (18/1/2022).  

Kang Emil mengungkapkan kalau dirinya tidak pernah berhenti menjalin komunikasi dengan semua Parpol, dan pada waktu yang pas akan dia umumkan Parpol yang akan menjadi kendaraan politiknya di Pilpres 2024.  

Meski demikian, ia memastikan kalau Parpol mana yang akan dipilih, akan ditentukan tahun ini.

Soal Parpol yang diinginkan, Kang Emil mengatakan harus partai yang berazaskan Pancasila. 

"Yang saya pegang adalah yang sangat konsisten memperjuangkan Pancasila. Track record-nya pasti akan jadi dasar saya untuk berlabuh seperti apa," katanya. 

Kang Emil mengakui kalau saat ini, ke manapun dia pergi, selalu ada doa dan dukungan dari masyarakat agar dirinya mencalonkan diri di Pilpres 2024, termasuk dalam kunjungannya ke Bali.  

"Selalu ada antara doa, ada pertanyaan, tidak bisa dihindari, itu yang pertama. Kedua, jika gesturnya baik, saya aminkan kan begitu ya. Tugas manusia tadi adalah berusaha berikhtiar, masalah takdirnya ada atau tidak bukan wilayah manusia," katanya. 

Dengan kesiapan Ridwan Kamil ini, maka daftar figur yang akan maju di 2024 pun semakin panjang. Pasalnya, Partai Gerindra telah menyatakan akan mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto; Sementara Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyala Mattaliti, dan Gubernur Jateng Ganjar Prabowo telah memastikan akan maju di 2024. Puan bahkan telah menebar balihonya di mana-mana, termasuk di wailyah bencan Gunung Semeru di Lumajang, sehingga menuai protes.

Di sisi lain, meski Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum mendeklarasikan diri akan nyapres, namun relawannya di beberapa daerah telah menyatakan dukungan untuk dirinya bersaing di Pilpres 2024.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut