get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

Senin, 17 Januari 2022 | 11:37 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA, iNews.id -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan per 17-22 Januari 2022 di sebagian besar wilayah Indonesia. .

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto mengatakan, kondisi tersebut dipicu peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti Cold Surge atau Seruakan Massa Udara Dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia.

Kemudian, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah, pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

"Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan," kata Guswanto dalam keterangan resminya, Senin (17/1/2022).

BACA JUGA:

Banten Dilanda Gempa Lagi, Guncangan Terasa Hingga Jakarta, Bogor dan Bekasi

BMKG pun memberikan peringatan dini, terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi dengan tinggi gelombang 2.5 - 4.0 meter (Rough Sea) pada beberapa perairan di wilayah Indonesia, yaitu  Laut Natuna Utara, Perairan utara Kep.Anambas, Kep.Natuna, Laut Jawa bagian tengah dan timur, Perairan selatan Jawa Timur hingga P.Sumba, Perairan selatan P.Sawu hingga P.Rotte, Laut Sawu bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda, Laut Arafuru, Perairan Kep.Sangihe, Kep.Talaud, Perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

BMKG mengimbau masyarakat, tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang, gelombang tinggi, dll) dan dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan lainnya.

 

Editor : Ikawati

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut