get app
inews
Aa Read Next : Uji Coba Instagram untuk Kreator, Bisa Highlight Komentar dalam Story

Meta Facebook Bantu Orang Tua Awasi Remaja dalam Bermedia Sosial

Jum'at, 30 Juni 2023 | 17:43 WIB
header img
Beberapa fitur baru yang diluncurkan Meta dalam membantu orang tua mengawasi remaja dalam bermedia sosial. Foto: Meta

JAKARTA, iNewsDepok.id - Meta mengumumkan tools barunya, parental supervision atau pengawasan orang tua untuk Instagram, Facebook, dan Messenger pada Selasa (27/6/2023) melalui situs Newsroom Meta. Fitur yang dibawakan berupa pemblokiran pesan yang tidak diinginkan dalam Messenger dan Instagram, serta pengingat berupa batasan waktu remaja dalam bermedia sosial.

Dalam kontrol pengawasan di Messenger, akan tersedia dalam Family Center Meta, yang baru diluncurkan di Amerika Serikat, Inggris Raya, dan Kanada. Tools ini akan membantu orang tua melihat aktivitas anak remajanya dan pengaturan pengamanan akun mereka, seperti perubahan daftar kontak di Messenger dan berapa lama mereka menghabiskan waktu dalam membuka aplikasi.

Orang tua akan mendapatkan notifikasi ketika anaknya melaporkan seseorang (jika mereka memilih opsi untuk membagikan informasi itu). Orang tua juga dapat melihat siapa saja yang bisa mengirim pesan kepada anaknya (hanya teman, teman dari teman mereka, atau tidak siapa-siapa) dan siapa yang bisa melihat stories mereka. Orang tua juga akan mengetahui jika anaknya mengubah pengaturan itu.

Sebelumnya, Instagram telah mengambil langkah untuk pengamanan interaksi antara remaja dengan orang dewasa yang tidak diikuti oleh mereka. Di pembaruan ini, Meta akan meminta pengguna yang tidak berhubungan dengan pengguna lain untuk mengirim undangan permintaan untuk berinteraksi. Instagram membatasi pengguna hanya dapat mengirim pesan berupa teks saja, dan hanya bisa mengirim satu pesan sebelum dibalas.

Perusahaan raksasa teknologi itu juga menambahkan fitur Take a Break ke aplikasi Facebook. Sebelumnya, fitur itu sudah ada di Instagram sejak 2021. Fitur tersebut membantu pengguna dalam membatasi penggunaan aplikasi. Meta juga sedang mengembangkan fitur untuk Instagram yang menyarankan remaja menutup aplikasi ketika membuka Reels di malam hari.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut