get app
inews
Aa Read Next : Kenali 6 Gejala Kolesterol Sejak Dini, Nomor 1 Sering Dirasakan

Inilah 6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Termasuk Setelah Makan Daging Merah

Kamis, 29 Juni 2023 | 10:05 WIB
header img
Inilah 6 cara menurunkan kolesterol tinggi, termasuk setelah makan daging merah maupun gorengan. Foto: Freepik/Jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 6 cara menurunkan kolesterol tinggi, termasuk setelah makan daging merah maupun gorengan. Berbagai masakan olahan daging merah  memang nikmat dan menggiurkan, sehingga sering disajikan saat Hari Raya termasuk Hari Raya Idul Adha

Tapi diketahui daging merah merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga sebaiknya dikonsumsi tidak berlebihan. Makanan lain yang juga mengandung kolesterol tinggi di antaranya gorengan, daging olahan, jeroan, makanan siap saji, udang, kuning telur, makanan bersantan, hingga kue-kue manis.

Melansir laman Kemkes RI, kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati.

Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat. Namun, tingkat kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan buruknya sirkulasi darah.

Oleh karena itu, sangat penting menjalani gaya hidup sehat untuk mengurangi kebiasaan makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Lantas bagaimana cara menurunkan kolesterol bila sudah terlanjur makan makanan yang tinggi kolesterol tersebut?

Inilah 6 cara menurunkan kolesterol tinggi, termasuk setelah makan daging merah maupun gorengan, seperti dilansir iNewsDepok.id dari India Times, pada Kamis (29/6/2023):

6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

  1. Minum air hangat

Setiap kali merasa terlalu kenyang, mulailah minum air hangat setelah 30-45 menit makan. Menurut para ahli, air juga bertindak sebagai pembawa nutrisi dan produk limbah.

Air hangat membantu memecah nutrisi menjadi bentuk yang mudah dicerna sehingga tubuh terasa lebih ringan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut