get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Di PBB, Kepala BNPT RI Sampaikan Komitmen Indonesia Cegah Terorisme Berbasis Nilai Kemanusiaan

Rabu, 21 Juni 2023 | 12:39 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat menghadiri konferensi PBB di New York. Foto: doc BNPT RI

NEW YORK, iNewsDepok.id – Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyampaikan komitmen Indonesia mencegah radikaliska terorisme berbasis nilai-nilai kemanusiaan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Pertemuan di PBB berlangsung 19-23 Juni 2023 di Markas PBB, New York. Para Kepala BNPT negara-negara PBB berkumpul dalam konferensi dengan tema “Addressing Terrorism through Reinvigorated Multilateralism and Institutional Cooperation”.

Konferensi digelar oleh United Nations Office for Counter Terrorism (UNO CT). 

Dalam konferensi tersebut Kepala BNPT RI menyampaikan langkah Indonesia dalam pencegahan radikalisme terorisme dilakukan melalui kerjasama global maupun dalam negeri.

“Indonesia mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan semangat kolaboratif antara pemerintah, masyarakat sipil, sektor privat, akademisi, dan media yang mengedepankan sisi kemanusiaan,” kata Komjen Pol Rycko Amelza.

Rycko menyampaikan upaya strategis BNPT dalam melaksanakan deradikalisasi dengan pendekatan soft approach yang bertujuan memutus akar ideologi radikalisme. Para mitra deradikalisasi BNPT  mendapatkan sekolah moderat guna mewujudkan kehidupan yang damai dan harmoni.

"Melaksanakan program pemutusan akar penyebab ideologi terorisme yang dilaksanakan dengan merangkul keluarga dan anak anak mantan pelaku teror serta menyekolahkan anak anak tersebut di sekolah sekolah islam moderat," ujarnya.

Menurut Rycko, upaya mengubah mindset para pelaku teror dan keluarganya bertujuan untuk merubah pandangan dan budaya kekerasan yang dianut. Upaya tersebut dilakukan dengan program-program kewirausahaan untuk meningkatkan kesejahteraan selepas menyelesaikan masa hukuman bagian yang penting diperhatikan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres menyampaikan pentingnya kerja sama multilateral dan pelibatan seluruh pemangku kepentingan setiap negara dalam penanganan terorisme, dengan menjunjung tinggi nilai nilai hak asasi manusia serta rule of law.

Di sela konferensi, Kepala BNPT mendapat kehormatan mengikuti prosesi peletakan bunga dalam rangka penghormatan korban dan penyintas terorisme. Prosesi ini merupakan prosesi yang pertama yang pernah dilaksanakan di markas besar PBB.

Pada konferensi di PBB ini, Kepala BNPT RI didampingi oleh Direktur Kerjasama Regional dan Multilateral BNPT, M Zaim A Nasution serta Dewan Perwakilan Tetap (Dewatap) RI New York, Duta Besar Hari Prabowo
 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut