get app
inews
Aa Read Next : Lebakjero, Stasiun Tertinggi Aktif Kedua di Indonesia Dengan Keindahannya Yang Diapit 2 Gunung

Kisah Mantan Petugas Kebersihan KA, Harus Rela Gelap-gelapan Saat Bersihkan Gerbong

Senin, 19 Juni 2023 | 20:47 WIB
header img
Petugas kebersihan atau on train cleaning PT KAI. Foto: dok PT KAI

DEPOK, iNewsDepok.id - Poin utama dalam perjalanan kereta api (KA) yaitu kenyamanan dan kebersihan penumpang. Oleh karena itu, pentingnya tugas petugas kebersihan dalam kereta, menjadi kunci kenyamanan pengguna jasa layanan kereta api.

Petugas kebersihan PT Kereta Api Indonesia (KAI) atau yang lebih dikenal dengan On Train Cleaning (OTC), menjadi garda terdepan dalam menjaga kebersihan selama perjalanan dengan kereta api.

Sebelum KA beroperasi, petugas OTC memastikan kereta bersih, kering dan terhindar dari bau tak sedap. Tentunya, kebersihan tersebut harus dijaga sepanjang perjalanan. Oleh karena itu OTC bertanggung jawab untuk kebersihan interior kereta.

Mengutip dari situs PT KAI, petugas OTC bertugas menjaga kebersihan KA selama dalam perjalanan. Biasanya, terdapat dua petugas OTC di setiap KA yang siap melayani para penumpang.

Mungkin banyak penumpang tidak sadar, kebersihan kereta api yang ditumpangi, tak lepas dari kerja keras para OTC.

Rizaldi Arga Aspriawan, membagikan kisahnya yang pernah bertugas sebagai OTC di salah satu kereta api jarak jauh (KAJJ). Kisahnya sempat ia tuliskan di Grup Facebook 'Pecinta Kereta Api Indonesia'. Rizaldi menceritakan suka duka menjadi petugas kereta api.

Sebagai OTC, Rizaldi bercerita bahwa ia harus menyiapkan dan membersihkan kereta api lebih dari satu jam, sebelum rangkaian KA siap digunakan oleh penumpang.

Bahkan, Rizaldi harus masuk ke rangkaian KA Kahuripan relasi Kiaracondong- Blitar, dalam kondisi gelap dan hanya menggunakan penerangan dari lampu senter di ponselnya. Karena KA tersebut akan diberangkatkan pada malam hari.

Kesan horor bahkan diabaikan oleh Rizaldi, demi perjalanan KA berjalan bersih dan nyaman.

"Kita sudah di atas kereta terlebih dahulu (sebelum kereta siap dioperasikan membawa penumpang), lampu belum nyala, penerangan modal flash HP, AC belum nyala betapa gerahnya di dalam kereta menelusuri lorong ke lorong sendirian apalagi di kereta yang usianya sudah tua. Serasa uji nyali, namun yang namanya tugas harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab," kata Rizaldi saat dihubungi iNews Depok, Senin (19/6/2023).

Tidak jarang, Rizaldi sering membersihkan rangkaian kereta api saat malam hari.

Rizaldi bertanggung jawab penuh terhadap fasilitas dan kelengkapan yang ada di setiap rangkaian KA. Tugasnya mulai dari membersihkan lorong, kursi kereta, pemasangan tisu di toilet, mengisi sabun cair di toilet, memasang pengharum ruangan, pengecekan ketersediaan air untuk keperluan toilet, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, Rizaldi mengaku sangat menikmati pekerjaan itu.

"Walaupun menjadi OTC yang statusnya bukan pegawai tetap. Tetapi tetap saya syukuri jalani dengan setulus hati," imbuhnya.

Saat disinggung soal pekerjaan, sebenarnya Rizaldi memiliki cita-cita sebagai masinis kereta api. Hal itu lantaran kakek buyutnya pernah bekerja sebagai masinis, sehingga membuat dirinya termotivasi.

"Dari sejak SMP cita-cita ingin jadi masinis karena termotivasi dari mbah buyut yang dulu seorang masinis," ujar Rizaldi.

Namun, kehendak lain ia diterima menjadi bagian PT KAI sebagai petugas kebersihan di dalam kereta api. Meskipun demikian, Rizaldi tetap bersyukur lantaran bisa bekerja di kereta api.

"Walaupun tidak bisa jadi masinis seenggaknya bisa bekerja di kereta api," kata Rizaldi.

Meskipun kini ia sudah tidak bekerja sebagai OTC, ia mengaku senang pernah bekerja melayani penumpang KA.

Rizaldi juga berpesan kepada teman-temannya yang masih bekerja di OTC kereta api, untuk tetap semangat memberikan layanan terbaik kepada penumpang

"Sekarang sudah nggak jadi OTC, terakhir kerja tahun 2022. Semangat buat teman-teman OTC yg masih bekerja, berikan pelayan maksimal kepada publik," pungkasnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut