get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

56 Jamaah Haji Meninggal, Komorbid dan Cuaca Panas jadi Penyebab

Selasa, 13 Juni 2023 | 18:53 WIB
header img

JAKARTA iNewsdepok.id - Memasuki hari ke-22 operasional penyelenggaraan ibadah haji, tercatat ada 56 jemaah haji Indonesia yang meninggal di Madinah maupun Makkah. Sedangkan mereka yang sakit dan dirawat berjumlah 237 orang.

KKHI mengungkapkan penyebab utamanya adalah penyakit komorbid yaitu kombinasi beberapa penyakit yang diderita jemaah haji.

"Terkait dengan tingginya kematian bukan hanya satu faktor tapi ada beberapa faktor. Satu, ada faktor komorbid jemaah itu sendiri. Kemudian yang kedua terkait aktivitas fisik," jelas Kasie Kesehatan Daker Makkah, dr Andi Ardjuna di KKHI, Senin (12/6/2023).

Kondisi cuaca pun menjadi salah satu penyebab angka kematian yang tinggi tahun ini dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi cuaca di Makkah saat ini mencapai 45 derajat celcius.

dr Ardjuna mengimbau  jamaah Haji Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan. Cara dengan selalu siap obat-obatan yang dibutuhkan dan memperbanyak minum air putih demi menghindari dehidrasi.

Koordinator Media Center Haji (MCH) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Dodo Murtado menjelaskan, bahwa sesuai ketentuan, jamaah yang wafat akan dibadalhajikan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut