get app
inews
Aa Read Next : Akhirnya Edie Toet Dicopot sebagai Rektor Universitas Pancasila, Buntut Kasus Pelecehan Seksual

Gelar Upacara Wisuda, Universitas Pancasila Beberkan Sejumlah Prestasi

Selasa, 30 Mei 2023 | 21:22 WIB
header img
Wisuda Universitas Pancasila. Foto: ist

JAKARTA,iNewsDepok.id- Rektor Universitas Pancasila (UP) Edie Toet Hendratno mengatakan, dalam perjalanan 56 tahun, UP telah menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) bereputasi unggul.  Dari data Kemendikbud Ristek, universitas yang mendapat akreditasi unggul baru mencapai 49 dari 4.524 perguruan tinggi.

“Artinya, baru 1,08 % Universitas yang mendapat akreditasi unggul,” kata Rektor dalam acara wisuda UP semester gasal TA. 2022/2023, Selasa (30/5/2023).

Wisuda kali ini diikuti oleh 974 orang. Terdiri dari program studi D3, S1, Apoteker, S2 dan S3. Dikatakan, para wisudawan boleh berbangga karena mereka adalah wisudawan sudah bisa menerima ijazah kelulusan, dengan akreditasi unggul.

“Ini merupakan nilai akreditasi tertinggi,” ujarnya.

 

Prestasi dan pencapaian UP sepanjang tahun  2022 antara lain meraih peringkat PTS dengan jumlah usulan terbanyak untuk matching fund. “Mendapatkan dana hibah untuk tim dosen. UP menjadi klaster penelitian mandiri dan klaster PKM sangat bagus. UP memiliki 12 jurnal terakreditasi SINTA,” tambahnya.

Selain itu, UP juga mendapatkan penghargaan pada RAKORDA 2022 dalam beberapa pencapaian. Antara lain menjadi daftar perguruan tinggi dengan pelaporan PDDIKTI 100 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir, 10 semester, dari 2016 semester ganjil hingga 2020 semester genap. UP juga menjadi perguruan tinggi dengan perolehan Guru Besar atau Profesor terbanyak dari tahun 2020 – 2021.

“Mendapatkan penghargaan apresiasi pemenang program matching fund 2021. Mendapatkan penghargaan apresiasi Top 5 Perguruan Tinggi yang megikuti Flagship MBKM 2021,” tambahnya.

Dikatakan, UP tidak hanya akan berhenti setelah mendapatkan akreditasi unggul. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa fakultas yang sedang berporses mendapatkan akreditasi internasional. Yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Sejalan dengan itu UP turut serta dalam Pertukaran Mahasiswa Luar Negeri, IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) dimana melalui program ini sudah ada  Mahasiswa UP berkesempatan  kuliah di kampus unggulan luar negeri (USA, Hungary, dan Malaysia),” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pembina Yayasan Pembina dan Pendidikan Universitas Pancasila (YPPUP) Siswono Yudo Husodo berpesan agar para wisudawan UP terus meningkatkan kualitas SDM. Sehingga mereka siap bersaing di era global.

“Karena kedepannya negara kita  tidak hanya sekedar membutuhkan perubahan, tetapi juga program pembangunan yang berkelanjutan sehingga kesejahteraan yang merata akan terwujud,” pungkasnya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut