get app
inews
Aa Read Next : Kemenparekraf Apresiasi Desa Wisata Tompo Bulu Pangkep Sulsel Masuk 75 Besar ADWI 2023

Mengenal Desa Wisata Wukirsari, Punya Kerajinan Batik Tulis dan Makam Raja-raja

Senin, 29 Mei 2023 | 11:59 WIB
header img
Desa Wisata Wukirsari di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa dijadikan salah satu destinasi wisata di kota gudeg ini. Desa ini termasuk salah satu dari 75 desa wisata terpilih dalam ajangADWI 2023.. Foto: Instagram

BANTUL, iNewsDepok.id - Desa Wisata Wukirsari di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa dijadikan salah satu destinasi wisata di kota gudeg ini. Desa ini termasuk salah satu dari 75 desa wisata terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Desa Wisata Wukirsari terletak di Kecamatan Imogori, Kabupaten Bantul, DIY. Lokasinya dapat ditempuh dengan perjalanan darat sejauh 17 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Wukirsari tersebut, Minggu (28/5/2023). Foto: Kemenparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno baru-baru ini mengunjungi Desa Wisata Wukirsari tersebut.

Dalam kunjungannya ini, Sandiaga mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Desa Wisata Wukirsari, sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

"Ini paket komplit yang bisa kita kembangkan karena di sini ada keindahan alam dan kekayaan budaya, produk-produk ekonomi kreatif, dan dukungan pemerintah daerahnya yang kuat," kata Sandiaga dalam kunjungannya ke Desa Wisata Wukirsari, Minggu (28/5/2023), seperti dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, pada Senin (29/5/2023).

Di Desa Wisata Wukirsari, Menparekraf menyempatkan diri bersama perajin batik tulis mencoba membuat batik tulis.

Desa wisata ini berfokus pada pengembangan edu-wisata dan eco-wisata. Sejak tahun 2007 mengembangkan potensi yang menonjol di sektor ekonomi kreatif subsektor fesyen yaitu kerajinan batik tulis melalui sentra.

Selain kerajinan masyarakat lokal yang menjadi daya tarik utama, tata letak geografis Desa Wukirsari juga sangat beragam, mulai dari perbukitan, sungai, hutan, dan lahan pertanian yang membuat desa ini sangat asri.

Di desa wisata ini juga terdapat makam Raja-Raja Pajimatan dan makam Sunan Giriloyo yang merupakan destinasi wisata ziarah para wisatawan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut