get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Kopi Kenangan Jadi F&B Unicorn Pertama di Asia Tenggara

Jum'at, 07 Januari 2022 | 22:03 WIB
header img
Iklan di billboard Nasdaq, New York yang memberikan ucapan selamat kepada Kopi Kenangan. Foto: instagram@sandiuno

JAKARTA, iNews.id – Kopi Kenangan resmi menyandang gelar startup unicorn di bidang makanan dan minuman (F&B) pertama di Asia Tenggara yang mencatatkan nilai valuasi menembus USD1 miliar.

Akun sosial media Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno  mengunggah postingan yang memperlihatkan foto iklan di billboard Nasdaq, New York bertuliskan "Nasdaq congratulates Kopi Kenangan as The First New Retail F&B Unicorn in South East Asia!".

Melalui unggahan tersebut, Sandi mengaku bangga terhadap produk serta kinerja Kopi Kenangan yang berhasil menembus valuasi unicorn.

"Kopi Kenangan baru saja menjadi Unicorn kategori F&B (makanan dan minuman) pertama di Asia Tenggara dengan nilai valuasi menembus USD1 miliar. Bangga dengan produk karya anak bangsa!” kata Sandiaga, melalui akun media sosial Instagram @sandiuno dilansir iNews Depok, Jumat (7/1/2022).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengharapkan keberhasilan Kopi Kenangan dapat menjadi inspirasi bagi para pengusaha lainnya untuk dapat tumbuh dan berkembang.

Sementara itu, Kopi Kenangan turut mengunggah pencapaiannya di media sosial. "What a surprise! Terima kasih @nasdaq untuk dukungan dan ucapannya terhadap Kopi Kenangan yang telah menjadi F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

BACA JUGA:

Wow! 2.078 Izin Usaha Tambang Dicabut. Ini Alasannya

Diketahui Kopi Kenangan mendapat suntikan modal pendanaan Seri C tahap pertama senilai USD96 juta atau setara Rp1,3 triliun. Melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan menembus USD1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan ritel bidang F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

"Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara," kata CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, dalam siaran resminya, Senin (27/12/2021).

Kopi Kenangan telah memiliki 600 gerai di 45 kota dalam empat tahun terakhir. Peritel kopi ini juga telah melakukan ekspansi di Cerita Roti, ayam goreng Chigo dan merek kukis Kenangan Manis.

Dalam satu terakhir, gerai kopi yang didirikan sejak 2017 ini telah menjual sebanyak 40 juta cangkir kopi dan ditargetkan pada kuartal I-2022 mendatang bisa menjual 5,5 juta cangkir per bulan.

Aplikasi Kopi Kenangan juga tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia.

 

Editor : Ikawati

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut