get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Bulan Depan Balap Formula E-Prix di Ancol, BNPT RI Soroti Perumahan di Dekat Sirkuit

Kamis, 18 Mei 2023 | 07:33 WIB
header img
Direktur Perlindungan BNPT RI, Brigjen Pol Imam Margono saat melakukan asesmen Sirkuit Eprix Ancol Jakarta. Foto: doc BNPT RI

JAKARTA, iNewsDepok.id – Ajang balap internasiol Formula E Jakarta (Eprix) akan berlangsung 3-4 Juni 2023. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) menyoroti pengamanan di perumahan dekat sirkuit.

BNPT RI pun melakukan asesmen dari sisi keamanan sesuai Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020. Hal tersebut disampaikan Direktur Perlindungan BNPT RI, Brigjen Pol Imam Margono.

Menurut Imam Margono sejumlah variabel keamanan di lokasi balap harus memenuhi syarat.  Salah satunya, pihak penyelenggara harus dapat memastikan area perumahan yang berdekatan dengan sirkuit E-Prix ini aman dan steril dari ancaman dan gangguan keamanan. 

"Variabel ini sangat menentukan hasil asesmen. Kita melihat pada sisi mana variabel ini belum terlaksana. Contoh, di samping arena ini ada perumahan. Kita harus memastikan area perumahan itu aman. Di dalamnya siapa, apa yang mereka lakukan," katanya saat melaksanakan asesmen Sistem Pengamanan di venue Jakarta International E-Prix Circuit Ancol Jakarta Utara, Rabu (17/5/2023).

Imam Margono menegaskan, BNPT RI akan memberikan evaluasi dan rekomendasi apa yang harus dilakukan penyelenggara untuk meningkatkan keamanan lokasi ajang balap Formula E Jakarta dari segala potensi ancaman keamanan terutama terkait  teror. 

"Asesmen ini akan kita sampaikan kepada pihak penyelenggara tentunya disertakan dengan apa temuannya apa rekomendasi nya sehingga pihak penyelenggara jelas apa yang mereka harus lakukan," ujar Jenderal Polisi Bintang Satu ini. 

Sementara itu, Project Director Formula E 2023 Jakarta, Ivan C. Permana mengatakan akan menerima masukan dari hasil asesmen BNPT RI. Ia yakin hasil evaluasi dan rekomendasi dari BNPT RI akan meningkatkan keamanan penyelenggaran ajang internasional Formula E ini. 

"Harapannya pelaksanaan ini berjalan dengan lancar. Dengan selamat dan sukses acaranya. Terkait asesmen tentunya kita akan melakukan perbaikan. Dari asesmen ini kita harap dapat meningkatkan keamanan,” kata Ivan C Permana.
 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut