get app
inews
Aa Read Next : Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Wisuda UI

Wapres Ma’ruf Amin Terima Gelar Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore, Ini Maknanya

Jum'at, 12 Mei 2023 | 11:21 WIB
header img
Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin menerima gelar kehormatan adat dari Kesultanan Tidore, pada Kamis (11/5/2023). Foto: laman resmi Wapres RI/BPMI Setwapres

TIDORE, iNewsDepok.id - Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin menerima gelar kehormatan adat dari Kesultanan Tidore, pada Kamis (11/5/2023). Gelar tersebut diterima Wapres saat berkunjung ke Kedaton Kesultanan Tidore di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Gelar yang diperoleh Wapres Ma’ruf Amin adalah Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore. Artinya, Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh.

Upacara penganugerahan gelar kehormatan adat diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Sultan Tidore oleh Hukum Soasio (Menteri Dalam Negeri) Kesultanan Tidore. Pengukuhan pemberian gelar adat kepada Wapres Ma'ruf Amin melalui surat keputusan SK/01/KST/V/2023.  

Selanjutnya, pemakaian baju adat Kesultanan Tidore berupa baju Belah Dada dan topi Besu. Kemudian, dilakukan Prosesi Pengukuhan Penganugerahan Gelar Adat kepada Wapres oleh Sultan Tidore.

“Pada hari ini saya Sultan Tidore H. Husain Sjah mengukuhkan Bapak Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin sebagai Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore yang artinya Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh. Insyaallah, Allah SWT meridhai dan memberkahi kita semua,” ucap Sultan Tidore H. Husain Sjah, dikutip dari laman resmi Wapres RI, pada Jumat (12/5/2023).

Pada kesempatan itu, Wapres Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih bahwa saya mendapatkan gelar penghormatan yang disebut sebagai Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore yang artinya Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut