get app
inews
Aa Read Next : ILUNI UI Gelar Workshop Pembuatan Film Pendek di Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Anies Terima Gelar Kehormatan Tuan Penata Negara dari Federasi Adat Marga Empat Tubaba

Senin, 09 Mei 2022 | 18:32 WIB
header img
Dengan berpakaian adat Tubaba, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan didampingi istrinya, berfoto bersama Bupati Tubaba dan istri dan tokoh adat Tubaba setelah menerima Gelar Kehormatan Tuan Penata Negarou, Minggu (8/5/2022). Foto: Facebook

DEPOK, iNewsDepok.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima gelar kehormatan dari Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung.

Gelar tersebut bernama Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara).

"Bahagia sekali dapat kembali ke Tulang Bawang Barat (Tubaba). Kemarin 8 Mei 2022, kembali ke Tubaba untuk menerima Pemberian Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara) dari Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Tulang Bawang Barat," kata Anies di akun Facebook-nya, Senin (9/5/2022).

Mantan Mendikbud itu mengatakan, Tubaba merupakan daerah yang spesial baginya, karena pada 11 November 2020, saat masih menjabat sebagai Mendikbud, ia untuk kali pertama datang ke Tubaba untuk mengantarkan beberapa anak muda, sarjana-sarjana terbaik, yang bersedia menjadi pengajar di tempat-tempat yang penuh dengan tantangan. 

Pengiriman para sarjana terbaik tersebut merupakan bagian dari program Indonesia Mengajar yang ia gagas. 

"Tubaba adalah satu dari sedikit kabupaten yang menyatakan bersedia menerima angkatan pertama Indonesia Mengajar. Kami bersyukur sekali atas sambutan warga Tubaba yang terbuka untuk kemajuan pendidikan, termasuk Pak Umar Ahmad yang saat itu masih wakil bupati. Pada waktu itu Tulang Bawang Barat adalah kabupaten baru hasil pemekaran. Ketika tiba di desa penempatan, mobil sulit bergerak karena jalan berlumpur berat," kisah Anies.

Ketika pelaksanaan Program Indonesia Mengajar selesai di Tubaba pada tahun 2015, Anies mengatakan ia sempat kembali ke Tubana, karena Program Indonesia Mengajar memang dirancang untuk selama lima tahun, agar selanjutnya masyarakat Tubaba tumbuh dan berkembang.

"Alhamdulillah, Pak Umar Ahmad yang kemudian menjadi Bupati Tubaba, sangat peduli dengan pendidikan dan berhasil menginisiasi program Tubaba Cerdas," kata Anies lagi.

Setelah Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta. Bupati Tubaba Umar Ahmad gantian bersilaturahmi ke Balai Kota DKI, tempat Anies berkantor. Bupati menyampaikan pesan kalau ada sebuah gelar kehormatan yang hendak dianugerahkan kepada Anies dari Tubaba.

"Sekarang, 12 tahun kemudian, kami datang kembali ke Tubaba untuk ketiga kalinya dan menyaksikan begitu banyak kemajuan yang telah terjadi," sambung Anies.

Dari hati yang paling dalam, Anies menyampaikan apresiasi dan berterima kasih atas kehormatan yang diembankan kepadanya. 

"Insya Allah akan kami jalani dengan sebaik-baiknya. Tulang Bawang Barat akan selalu menjadi bagian penting dalam perjalanan hidup kami, sebuah tempat yang memberikan kesan amat mendalam. Insya Allah ini bukan kali terakhir kita memanjangkan silaturahmi ini," kata Anies lagi.

 

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut