get app
inews
Aa Read Next : Dewan Pakar PKS Kota Depok Deklarasikan Dukungan untuk Imam Budi Hartono pada Pilkada 2024

5 Tradisi dan Budaya di Kota Depok, Nomer 4 Gong Sibolong

Sabtu, 06 Mei 2023 | 00:01 WIB
header img
Kebudayaan Kota Depok. Foto: Diskominfo Kota Depok

JAKARTA, iNewsDepok.id - Di Indonesia Raya ini banyak sekali budaya maupun tradisi yang masih dipertahankan dan diteruskan hingga sekarang. Di antara banyaknya budaya dan tradisi yang tersebar di seluruh Indonesia, Kota Depok mempunyai berbagai macam budaya dan tradisi yang masih diterapkan di tengah era modern sekarang.

Budaya dan tradisi di Kota Depok biasanya diterapkan di acara pernikahan maupun acara keagamaan, berikut adalah beberapa budaya dan tradisi yang masih ada di Kota Depok.

1. Rebut Dandang

Tradisi ini biasanya dilakukan saat acara pernikahan dengan menggabungkan seni beladiri dan pantun. Rebut Dandang ini menggambarkan tentang tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh mempelai pria saat akan menikahi mempelai wanita. 

Proses tradisi ini melibatkan dua jawara dari dua belah pihak lalu melakukan pantun dan adu beladiri. Jawara dari pihak mempelai pria akan merebut dandang dari jawara mempelai wanita. setelah berhasil direbut oleh jawara mempelai pria, lalu pasangan pengantin ini akan bersanding yang berarti mempelai pria berhasil menghadapi segala tantangan dan hambatan yang ada.

2. Sawer Pengantin

Sawer Pengantin ini merupakan adaptasi dari tradisi Sunda. Tradisi ini menyimbolkan pasangan pengantin tidak lupa untuk bersedekah dan berbagi terhadap sesama.

Biasanya Sawer Pangantin ini dilakukan dengan menyebarkan beras, kunyit, permen, atau uang logam setelah prosesi akad nikah dan sungkeman.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut