get app
inews
Aa Read Next : "Ring the Bell for Gender Equality” Serukan Investasi untuk Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Khusnia Normawati dan Casella Prasita, Kisah Nyata Figur Kartini Masa Kini

Rabu, 19 April 2023 | 12:54 WIB
header img
Ki-ka: Khusnia Normawati, Asisten Direktur Perusahaan Konstruksi dan Casella Prasita, Area Sales Manager PT Roche Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Harus diakui, tanpa perjuangan R.A. Kartini, mungkin saat ini tidak ada perempuan yang bisa jadi Presiden, Menteri, ataupun profesi lainnya.

Ya, perjuangan R.A. Kartini dalam mengangkat martabat dan meraih pendidikan yang layak untuk perempuan Indonesia, telah memberikan dampak yang sangat besar untuk kesetaraan gender

Terbukti saat ini banyak sektor pekerjaan, dimana para perempuan memiliki kontribusi yang tidak kalah penting dengan kaum pria.

Berdasarkan data proyeksi penduduk oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah perempuan usia sangat produktif (15-49 tahun) mencapai 69,4 juta, sedangkan untuk perempuan usia produktif (50-64), sebanyak 16,91 juta. 

Menurut BPS, kondisi ini menunjukkan bahwa Indonesia tengah memasuki era bonus demografi, dimana kelebihan penduduk usia produktif bisa dimanfaatkan untuk peningkatan pembangunan. 

Oleh karena itu, perjuangan R.A. Kartini tetap harus dilanjutkan agar kontribusi para perempuan dijalankan dengan optimal dan tidak terhambat oleh diskriminasi berbasis gender.

Khusnia Normawati dan Casella Prasita, menjadi contoh dua figur perempuan Kartini masa kini yang juga berjuang melawan diskriminasi gender.

Seperti apa kisahnya? Mari kita simak!

Khusnia Normawati, menghadapi tantangan yang juga dialami banyak perempuan masa kini, yaitu beban ganda dalam berkarier dan menjadi ibu rumah tangga. Apalagi dengan posisi pekerjaannya di industri baja yang banyak didominasi pria. 

“Peran ganda ini tidak mudah, tapi memang harus dihadapi. Tantangan ini mengharuskan saya untuk well prepared. Artinya, saya harus bisa mengatur prioritas dan waktu seoptimal mungkin,” ujar Khusnia yang saat ini berkarier sebagai Asisten Direktur di salah satu perusahaan konstruksi dan merupakan ibu dari satu anak.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut