get app
inews
Aa Read Next : AI Jadi Ancaman Dunia, Elon Musk dan Pencipta ChatGPT Hadiri Pertemuan di Inggris

Uji Terbang Pertama Starship Hari Ini, Langkah Pertama Manusia Menuju Mars

Senin, 17 April 2023 | 22:09 WIB
header img
Starship, pesawat antariksa SpaceX, akan melakukan uji terbang pertamanya hari ini, Senin (17/4/2023) malam WIB di Starbase, Texas, AS. Foto: Official SpaceX

JAKARTA, iNewsDepok.id - Starship, sebuah pesawat antariksa SpaceX, akan segera melakukan uji terbang untuk pertama kalinya hari ini, Senin (17/4/2023) sekitar pukul 20.00 WIB. Peluncuran yang mengintegrasikan pesawat Starship dan roket Super Heavy ini akan dilakukan di Starbase yang terletak di Boca Chica, Texas, AS.

Starship adalah sebuah pesawat antariksa yang dirancang untuk misi membawa manusia ke orbit bumi, perjalanan ke bulan, dan rencana Elon Musk, CEO dan pendiri SpaceX, untuk pergi ke Mars.

Menurut SpaceX melalui situs resminya, uji terbang yang akan dilakukan ini akan mengukur kesuksesan misi ini, juga akan memberi informasi dan meningkatkan kemungkinan sukses di masa depan karena SpaceX memajukan pengembangan Starship dengan cepat.

"Hingga saat ini, tim SpaceX telah menyelesaikan berbagai uji terbang sub-orbital bagian atas Starship dari Starbase, berhasil menunjukkan pendekatan yang belum pernah terjadi untuk penerbangan terkontrol," tulis SpaceX dalam situs resminya.

"Tes terbang ini membantu memvalidasi desain wahana, membuktikan Starship bisa terbang melalui fase subsonik sebelum menyalakan kembali mesinnya dan membalikkan dirinya sendiri ke konfigurasi vertikal untuk mendarat," lanjut SpaceX.

Selain pesawat bagian atas, tim SpaceX juga sudah beberapa kali menguji roket Super Heavy. Mereka juga sudah membuat peluncur dan menara penangkap roket tertinggi di dunia, dengan tinggi 146 meter. Ini dirancang untuk mendukung integrasi wahana, peluncuran, dan penangkapan roket pendorong Super Heavy.

Untuk uji terbang pertama ini, SpaceX tidak akan mencoba pendaratan vertikal Starship dan menangkap roket Super Heavy.

Perjalanan uji terbang Starship akan memakan waktu 90 menit untuk selesai. SpaceX akan melakukan livestream di kanal YouTube SpaceX nanti, 45 menit sebelum peluncuran dimulai atau pukul 19.15 WIB.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut