get app
inews
Aa Read Next : Itikaf Malam Ganjil 23 Nanti Malam Berburu Lailatul Qadar, Hafalkan Doa Ini  

3 Keutamaan Sholat Tarawih, Berikut Tata Cara Mengerjakannya

Rabu, 22 Maret 2023 | 08:35 WIB
header img
Inilah 3 keutamaan sholat tarawih. Foto ilustrasi: Freepik/rawpixel

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 3 keutamaan sholat tarawih yang dilaksanakan umat Islam di bulan Ramadhan. Di tahun ini sholat tarawih mulai dilaksanakan malam ini, yaitu Rabu (22/3/2023) malam.

Sholat tarawih merupakan shalat sunnah yang khusus dilaksanakan hanya pada malam-malam bulan Ramadhan. Sholat tarawih disebut juga sholat Qiyam Ramadhan,  yaitu shalat yang bertujuan menghidupkan malam-malam bulan Ramadhan.

Sholat tarawih termasuk salah satu ibadah yang utama dan efektif guna mendekatkan diri kepada Allah. Sholat ini disebut tarawih karena orang yang melaksanakan shalat sunnah di malam bulan Ramadhan beristirahat sejenak di antara dua kali salam atau setiap empat rakaat.

Dengan duduk tersebut, mereka beristirahat karena lamanya melakukan qiyam Ramadhan, bahkan dikatakan mereka bertumpu pada tongkat karena lamanya berdiri. Dari situ, setiap empat rakaat (dengan 2 salam) disebut tarwihah dan semuanya disebut tarawih.

Adapun hukum sholat tarawih adalah sunnah mu’akkadah, yaitu sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Berdasarkan hadist Nabi Muhammad SAW dari riwayat Muslim, disebutkan:

“Barang siapa melaksanakan qiyamu Ramadhan dengan didasari iman dan ikhlas karena Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.”

Lantas apa saja keutamaan shalat tarawih? Berikut ini penjelasan mengenai keutamaan sholat Tarawih, seperti dirangku pada Rabu (22/3/2023):

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut