Logo Network
Network

Ini Dia Bus Sapu Jagat dari Jakarta ke Jawa Tengah, Berangkat Tengah Malam

Dhodi
.
Senin, 20 Maret 2023 | 08:35 WIB
Ini Dia Bus Sapu Jagat dari Jakarta ke Jawa Tengah, Berangkat Tengah Malam
PO Sinar Jaya Jakarta-Purwokerto keberangkatan tengah malam dari Terminal Grogol. Foto : Tangkapan layar YouTube Nugroho Febianto.

JAKARTA, iNewsDepok.id – Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Jakarta menuju kota kota di Jawa Tengah rata rata memiliki jadwal keberangkatan pagi dan sore hari.

Hal ini membuat masyarakat yang ingin bepergian ke Jawa Tengah, harus meluangkan waktu khusus agar bisa menyesuaikan rencana perginya dengan jadwal bus, khususnya para pekerja yang baru bisa keluar setelah pukul 17.00WIB.

Namun ada solusi untuk tetap bisa pergi tanpa terburu buru ngejar jadwal keberangkatan bus, yaitu dengan naik bus dengan jadwal keberangkatan paling malam atau yang sering disebut bus sapu jagat.

Salah satu bus sapu jagat yang melayani perjalanan dari Jakarta ke Jawa Tengah adalah Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya. Bus sapu jagat PO Sinar Jaya memiliki rute Jakarta-Purwokerto dengan jadwal keberangkatan paling malam dari Terminal Grogol Jakarta Barat.

Bus ini berangkat dari Terminal Grogol pada pukul 23.00WIB dan langsung menuju Pool Sinar Jaya di Cibitung. Setelah itu langsung masuk Tol Cipali, Brebes, Tegal, Slawi, Adiwerna, Margasari, Bumiayu, Ajibarang, dan Purwokerto.

Harga tiket PO Sinar Jaya Jakarta-Purwokerto ini dibandrol Rp120 ribu, dengan fasilitas AC, konfigurasi kursi penumpang 2-2 dengan jumlah total 43 kursi, tanpa toilet dan tanpa service makan. Untuk pembelian tiket bus ini bisa dipesan di agen bus Sinar Jaya Terminal Grogol.

Dalam perjalanannya, bus ini akan istirahat di Rumah Makan Taman Selera Cikamurang Kabupaten Indramayu, Jawa Barat dan di Rumah Makan Panorama Sinar Jaya di Tegal Jawa Tengah untuk pergantian driver.

Bagi penumpang yang tujuannya ke kota lain selain ke Purwokerto, bisa transit di kota kota yang dilalui bus ini. Contohnya jika ingin ke Pemalang, Pekalongan dan Semarang, bisa turun di Terminal Tegal. Dari Terminal Tegal banyak tersedia bus ke arah Semarang yang melewati Pemalang dan Pekalongan.

Sementara yang memiliki tujuan ke Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Malang, bisa turun di Terminal Bulupitu Purwokerto. Di Terminal Bulupitu Purwokerto banyak tersedia bus yang menuju kota kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dengan pilihan kelas Ekonomi AC, Patas AC dan Executive.

Bus sapu jagat PO Sinar Jaya ini banyak diminati para pekerja di Jakarta yang ingin mudik di akhir minggu ke kampung halamannya di Jawa Tengah. Para pekerja ini sering disebut PJKA atau Pulang Jumat Kembali Ahad.

Maka tak heran jika pada Jumat malam, bus sapu jagat PO Sinar Jaya ini selalu terisi penuh penumpang.

Dalam kondisi lancar, perjalanan PO Sinar Jaya Jakarta-Purwokerto keberangkatan tengah malam ini ditempuh sekitar 9 jam.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.