get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Sejarah PO Kencana, Bus Dengan Layanan Premium Bak Hotel Berjalan

Selasa, 07 Maret 2023 | 11:11 WIB
header img
Bus PO Kencana dengan sasis dari Scania K410ib. Foto: iNews Depok/Tama

JAKARTA, iNewsDepok.id - Bisa menjadi rekomendasi transportasi untuk mudik Lebaran 2023, Perusahaan Otobus (PO) Kencana berikan layanan bak hotel berjalan kepada penumpangnya, dengan trayek Jakarta-Jepara. Meskipun tergolong muda, perusahaan otobus ini sudah cukup dikenal di masyarakat, khususnya para pencinta bus.

PO bus yang berada di bawah naungan PT Kencana Jaya Transindo ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada awalnya, 'Kencana' merupakan nama sebuah hotel yang berada di Jawa Tengah, dan telah berdiri sejak 1975.

Baru pada tahun 2013, Kencana mulai merambah bisnis lain, yakni jual beli kendaraan berat seperti truk, jasa travel, shuttle bus dan pengiriman paket.

Setelah memulai bisnis tersebut, Kencana memilih kota Semarang sebagai tempat beroperasinya shuttle bus, travel, dan jasa pengiriman paket.

Seiring berjalannya waktu, bisnis yang dikembangkan oleh Kencana mulai menarik banyak minat masyarakat sekitar, dan menjadi terkenal di Semarang.

Shuttle bus yang ditawarkan oleh Kencana sendiri memiliki berbagai rute perjalanan, seperti Semarang-Pati, Semarang-Yogyakarta, dan juga Semarang-Solo. Pada awal merintis usaha shuttle, Kencana hanya memiliki empat unit armada dengan menggunakan mobil Isuzu Elf.

Hingga saat ini Kencana memiliki 53 unit armada yang terdiri dari Toyota Hiace Premio, Toyota Commuter, dan Mercedes Benz Sprinter.

Selain memiliki tambahan armada, Kencana juga memiliki 9 kantor cabang lain yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Tak puas dengan pencapaian tersebut, perusahaan ini mulai membuka layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP), dengan mengusung nama PO Kencana.

Seperti diketahui, Bus Kencana sendiri menggunakan bodi SDD Jetbus 3+ buatan karoseri Adiputro dan juga Avante D2 miliki karoseri Tentrem dengan sasis Scania K410iB sebagai armadanya.


 Interior bagian dalam kelas sleeper PO Kencana. Foto: iNews Depok/Tama

Bus AKAP Kencana sendiri sudah tersedia dalam 9 unit dengan 2 unit tipe bus tingkat yang akan melayani trayek Jepara menuju Jakarta.

Tim iNews Depok berkesempatan mengintip bagian dalam bus tingkat PO Kencana, Selasa (7/3/2023). Bus yang mengusung sasis mesin dari Swedia, Scania K410ib ini dibalut dengan karoseri Avante D2 dari karoseri Tentrem yang berasal dari Malang, Jawa Timur.

Mengintip di dek bagian bawah ada enam tempat duduk kelas sleeper, dengan fasilitas kursi yang bisa direbahkan secara otomatis, layar audio visual pribadi atau audio video on demand (AVOD), selimut, bantal, lampu baca, penyejuk udara, serta toilet di bagian belakang tengah.

Sementara di bagian dek atas ada 34 tempat duduk kelas eksekutif, dengan fasilitas layanan tempat duduk reclining seat, pijakan kaki (foto rest), sandaran kaki (leg rest), audio visual, bantal, selimut dan ruang merokok di dek atas bagian belakang.


Tempat duduk kelas sleeper PO Kencana. Foto: iNews Depok/Tama

Para penumpang juga dimanjakan dengan layanan servis pramugari dan layanan servis makan dan minum.

Bus PO Kencana melayani trayek Jakarta - Jepara dengan harga tiket yang dibanderol untuk kelas sleeper Rp350 ribu (dek bawah), untuk kelas eksekutif Rp260 ribu (dek atas).

Bagaimana, kalian penasaran ingin coba?


Dek atas kelas eksekutif. Foto: iNews Depok/Tama

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut