get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Warga Depok Wajib Simak! Berikut 5 Tips Berburu Tiket Mudik Kereta Api Lebaran 2023

Jum'at, 03 Maret 2023 | 06:06 WIB
header img
Suasana penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) di Stasiun Pasar Senen. Foto: iNews Depok/Tama

DEPOK, iNewsDepok.id - Mudik seolah memang sudah menjadi tradisi bagi setiap untuk pulang kampung saat lebaran. Berikut tips dan trik jitu berburu tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2023 yang menarik untuk disimak. 

Berburu tiket moda transportasi umum seperti kereta api untuk mudik bukan perkara mudah. Bisa-bisa kita gagal pulang kampung apabila tidak tahu trik membeli tiket yang tepat, karena kehabisan tiket.

Terlebih, kereta api adalah salah satu moda transportasi umum yang paling diminati untuk mudik lebaran. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips untuk berburu tiket kereta api agar mudik lebaran semakin lancar.

1. Tentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan

Supaya rencana mudik berjalan dengan lancar, menentukan waktu keberangkatan dan kepulangan menjadi hal wajib yang perlu diperhatikan. Setelah itu, cek kapan tanggal pemesanan tiket akan dibuka.

Pemesanan tiket biasanya sudah dibuka sejak jauh-jauh hari. Tiket kereta api biasanya sudah bisa dipesan H-90 sebelum lebaran.

Jika sudah dibuka, maka segera memesan tiket kereta api untuk mudik secepatnya. Hal ini penting agar kita tidak ketinggalan jadwal pemesanan dan kehabisan tiket.


Aplikasi KAI Access. Foto: iNews Depok/Tama

2. Berburu tiket secara online

Tips berburu tiket kereta api untuk mudik lebaran berikutnya adalah membeli tiket secara daring atau online. Jika sudah mengetahui tanggal dibukanya pemesanan tiket secara online, maka lebuh baik segera berburu tiket di hari pertama.

Pastikan kita siaga sebelum pukul 00.00 karena di waktu tersebut, bisa jadi sudah banyak orang lain yang juga berburu tiket yang sama. Bahkan, tidak jarang website resmi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sering tidak bisa diakses karena terlalu banyak orang yang membuka laman tersebut. Kini, pemesanan tiket bisa dilakukan melalui beberapa situs jual beli tiket online dan KAI Access.

 

3. Pastikan internet stabil

Internet yang stabil menjadi salah satu kunci agar tak kehabisan saat berburu kereta api. Pasalnya, banyak sekali orang yang memburu tiket yang sama dengan kita.

Karena itu, wajib untuk menyiapkan koneksi internet yang stabil. Karena pada saat pemesanan, kita akan bersaing dengan ribuan bahkan jutaan masyarakat Indonesia lain yang mengakses layanan dalam waktu yang bersamaan.

4. Jangan menyerah jika gagal

Tips yang tak kalah penting adalah jangan langsung menyerah saat gagal dalam pemesanan pertama. Pasalnya, kita bisa mengecek kembali ketersediaan tiket beberapa waktu kemudian.

Pasalnya, kegagalan dalam pemesanan mungkin saja terjadi pengingat banyaknya orang yang memesan di waktu yang sama.


Kereta api jarak jauh (KAJJ). Foto: iNews Depok/Tama

5. Cek ketersediaan kereta tambahan

Tak perlu langsung cemas jika tidak bisa mendapatkan tiket kereta utama. Momen mudik biasanya membuat PT KAI bakal menghadirkan kereta tambahan guna mengakomodir kebutuhan masyarakat atau pesanan yang membludak. Kita bisa mengeceknya pada periode peak season atau saat mendekati musim mudik.

Bagaimana warga Depok? Sudah siap untuk mudik?

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut