JAKARTA, iNewsDepok.id - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, akhir-akhir ini sering tampil sebagai bintang iklan. Banyak yang mengomentari aksi pelatih Timnas Indonesia tersebut, salah satunya juru taktik dari klub sepak bola Persija Thomas Doll, yang menilai Shin Tae-yong lebih cocok menjadi badut.
Doll menilai Shin Tae-yong kehilangan wibawanya sebagai peramu strategi lantaran pernah menjadi bintang iklan.
Seperti diketahui, dikabarkan hubungan antara Thomas Doll dan Shin Tae-yong saat ini tengah memanas. Hal itu disebabkan Shin Tae-yong memanggil banyak pemain Persija Jakarta untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 jelang Piala Asia U-20 2023.
Hubungan yang tidak harmonis mereka pun berujung pada pertemuan antara jajaran Persija Jakarta, termasuk Thomas Doll dan Timnas Indonesia U-20. Akan tetapi, pada pertemuan yang berlangsung virtual tersebut Shin Tae-yong berhalangan hadir.
Shin Tae-yong sendiri diwakilkan oleh asistennya yakni Nova Arianto. Melihat hal tersebut, Thomas Doll pun geram dan mengatakan kalau Shin Tae-yong tidak menghargai pertemuan tersebut.
Bahkan, kekecewaan Thomas Doll itu disampaikan pada saat konferensi pers jelang pertandingan Persija Jakarta kontra Arema FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (11/2/2023) sore WIB. Tidak hanya itu, Doll bahkan melempar kritikan keras ke Shin Tae-yong yang tidak hadir dalam pertemuan itu.
"Jujur, saya pikir dia (Shin Tae-yong) tidak bisa serius. Ketika saya melihat dia menjadi iklan di televisi dia seperti badut bukan seperti pelatih sepak bola. Saya tidak mengetahui, apakah itu (iklan) spaghetti atau makanan lainnya," kata Doll dalam konferensi pers tersebut, Sabtu (11/2/2023).
Thomas Doll mengatakan kalau pelatih timnas tidak seharusnya melakukan hal tersebut. Doll juga menyinggung kegiatan Shin Tae-yong di dunia periklanan, kalau dirinya tidak pernah melihat pelatih menjadi bintang iklan dan itu tidak baik untuk pelatih sepak bola.
"Tidak tidak boleh terjadi dengan Pelatih Timnas, saya tidak pernah melihat sebelumnya ada pelatih melakukan hal itu (menjadi bintang iklan), dan itu tidak baik untuk pelatih sepak bola karena menurut saya itu tidak menunjukkan keseriusan dan menurut saya itu lebih cocok menjadi badut dibandingkan pelatih," tegas Doll.
Perlu diketahui, Shin Tae-yong sendiri memang pernah menjadi bintang di sejumlah iklan. Ia sempat membintangi iklan minuman kopi dan makanan khas Korea Selatan.
Pelatih Persija, Thomas Doll (dua dari kanan) dalam konferensi Pers, Sabtu (11/2/2023). Foto: MNC Portal Indonesia
Editor : M Mahfud