get app
inews
Aa Read Next : Makan Kacang Bisa Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Tanpa Alat, Begini Cara Mengecek Kolesterol Sendiri di Rumah dengan Kenali 11 Tanda Ini

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:34 WIB
header img
Salah satu tanda kadar kolesterol tinggi adalah pegal di daerah pundak atau leher. Foto ilustrasi: Freepik/jcomp

Lantas bagaimana jika gejala-gejala tersebut muncul? Sebaiknya segera memeriksa kadar kolesterol di fasilitas kesehatan dan konsultasi dengan dokter untuk menjelaskan kondisi kesehatan.

Tentunya untuk mengetahui pasti kadar kolesterol seseorang tinggi atau tidak dengan melakukan tes kadar kolesterol, tetapi sebelum melakukan tes kita bisa mengenali 11 tanda kolesterol tinggi tersebut.

Sebelum menjalani tes kolesterol, mengutip Healthline, kolesterol dapat dites tanpa puasa. Meski dengan puasa hasilnya dipercaya lebih akurat karena LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida dipengaruhi apa yang baru dimakan.

Pedoman baru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menjelaskan orang yang tidak mengonsumsi statin mungkin tidak perlu berpuasa sebelum darahnya diuji kadar kolesterol.

"Dokter mungkin merekomendasikan puasa sebelum memeriksa kolesterol. Kalau memang merekomendasikan, puasa makan selama 9 hingga 12 jam sebelum tes. Minum air putih diperbolehkan," ungkap laporan kesehatan itu.

Tes kolesterol biasanya dilakukan pada pagi hari, sehingga kita bisa berpuasa selama tidur di malam hari dan setelah tes dilakukan kita bisa sarapan. .

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut