get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Hari Kedua Libur Imlek Stasiun Pasar Senen Masih Dipadati Penumpang ke Berbagai Daerah

Senin, 23 Januari 2023 | 17:23 WIB
header img
Suasana Stasiun Pasar Senen saat hari kedua Libur Imlek. Foto: Tama/iNews Depok

JAKARTA, iNewsDepok.id - Hari kedua Libur Imlek 2023, Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat masih dipadati penumpang ke berbagai daerah. Sebagian besar penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen rata-rata merupakan warga daerah yang memanfaatkan Libur Imlek di ibu kota.

Dari pantauan iNews Depok, Senin (23/1/2023), masih banyak penumpang yang akan berangkat meninggalkan Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen.

Salah satunya adalah Ayu, yang memanfaatkan Libur Imlek bersama keluarganya di Jakarta.

Ayu menjelaskan, ia bersama keluarganya datang dari Yogyakarta untuk berlibur ke Jakarta saat Libur Imlek. Sejumlah destinasi wisata favorit seperti Monas dan Anjungan Bundaran HI, menjadi destinasi wisata favorit Ayu dan keluarganya.

"Iya manfaatin Libur Imlek, mumpung. Ini kebetulan anak-anak saya pengin lihat Monas," kata Ayu.

Ia mengaku tak kesulitan mencari tiket kereta api lantaran lebih banyak masyarakat yang berlibur dari Jakarta menuju daerah, daripada sebaliknya.

"Pilihan ke Jakarta karena cari tiketnya kan gampang kalau dari daerah ke Jakarta, daripada dari Jakarta ke daerah," imbuhnya.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan sekitar 93.767 tiket kereta api telah terjual selama periode Libur Imlek, dari titik keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

"Hingga hari ini secara total terdapat sekitar 93.767 tiket yang telah terjual untuk jadwal keberangkatan pada tanggal 20 hingga 23 Januari 2023," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa saat dihubungi.

Eva menjelaskan, sebanyak 38.132 merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 55.636 tiket keberangkatan Stasiun Pasar senen. Dengan mengoperasikan sebanyak 57 hingga 60 kereta api jarak jauh (KAJJ) per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

Selanjutnya, Eva mencatat untuk pemberangkatan pada hari Senin, 23 Januari 2023, ada kenaikan sebanyak 19.000 penumpang.

"Pada Senin, 23 Januari 2023, penumpang naik 19.000 orang. Pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen 10.600 penumpang, dari Stasiun Gambir 8.400 penumpang," imbuhnya.

Eva mengatakan, volume penumpang berangkat pada momen libur imlek dari area Daop 1 Jakarta paling tinggi  terjadi pada Jumat (20/1/2023) dengan layanan 58 KA yang beroperasi. 

Di mana terdata sekitar 30.500  penumpang telah melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan hari Jumat yakni sekitar 12.300 merupakan volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 29 KA dan sekitar 18.200 lainnya volume penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 29 KA.

Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti diantaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang, sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut