get app
inews
Aa Read Next : Caleg Hanura DPRD Depok Gelar Bazar Sembako Murah di Tapos, Harganya Bikin Kaget

Wilmar Group Buka Suara Terkait Tuduhan Penyebab Kelangkahan Minyak Goreng

Senin, 16 Januari 2023 | 17:35 WIB
header img
Wilmar Group buka suara terkait tuduhan kelangkahan minyak goreng yang terjadi di akhir 2021 hingga pertengahan 2022. Foto: Iyung Rizki/DepokiNews

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kasus langkahnya minyak goreng pada akhir 2021 hingga pertengahan 2022, membawa beberapa nama sebagai biang kerok. Salah satunya ialah kelompok usaha Wilmar Group, yang diduga menjalankan praktik kartel di industri minyak goreng nasional.

Mendengar hal tersebut, pihak Wilmar Group buka suara dan mengatakan tudingan tersebut tidak berdasar, dan bahkan sejauh ini belum dapat dibuktikan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sebagai representasi pemerintah dalam kasus ini.

Hal itu disampaikan oleh Rikrik Rizkiyana, dari kantor hukum Assegaf, Hamzah & Partners (AHP), selaku kuasa hukum dari lima pihak terlapor keluarga Grup Wilmar, yang KPPU tuduh telah saling bersepakat dan bersekongkol untuk menerapkan praktik kartel di industri minyak goreng nasional.

"Tidak ada kesepakatan antara produsen dalam menetapkan harga (kartel) maupun membatasi peredaran atau penjualan produk minyak goreng. Sejauh ini (KPPU) juga belum mampu memberikan bukti empiris tentang tuduhan adanya kesepakatan antar-terlapor," ujar Rikrik, Minggu (15/1/2023).

Dalam tuduhannya, Rikrik, KPPU meyakini bahwa kelima kliennya telah melakukan tindakan bersama dalam menyepakati keputusan strategis berupa nominal harga di pasar.

Tak hanya lima perusahaan, KPPU bahkan menduga sedikitnya ada 27 produsen minyak goreng yang bersepakat dalam penetapan harga yang bakal diterapkan di pasar domestik.

Rikrik menilai banyaknya jumlah terlapor dalam kasus ini membuat kartel penetapan harga menjadi sangat sulit, atau bahkan tidak mungkin dilakukan. Terlebih, terdapat sejumlah perusahaan yang berada di luar asosiasi produsen minyak nabati.  

"KPPU tidak mampu membuktikan adanya komunikasi dan koordinasi para terlapor untuk menetapkan harga minyak goreng di pasar," jelas Rikrik.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut