get app
inews
Aa Read Next : Kenali 4 Penyebab Seseorang Sering Terserang Batuk dan Pilek

Terapi Batuk dengan 3 Bahan Alami Ini

Minggu, 25 September 2022 | 07:10 WIB
header img
Jintan hitam atau habbatussauda. Foto: Freepik/jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Bahan alami bisa digunakan untuk mengatasi batuk yang diderita. Pasalnya, bahan-bahan alami memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada tiga bahan alami yang biasa dikonsumsi sehari-hari yang ternyata dapat mengatasi batuk, di antaranya jintan hitam atau habbatussauda.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania menjelaskan habbatussauda kaya akan nutrisi antara lain karbohidrat, protein, lemak serta Vitamin A, B1, B6, C dan E.

"Habbatussauda termasuk dalam kelompok imunostimulan fitogenik dengan kandungan thymoquinone yang berfungsi membentuk dan memperkuat sistem kekebalan tubuh," ujar dr. Inggrid.  

Kandungan utama habbatussauda, thymoquinone memiliki manfaat sebagai antioksidan yang tinggi, bersifat anti-inflamasi atau anti radang dan juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Menurut dr. Inggris, terapi batuk dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obat ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak atau antitusif yang membantu menurunkan frekuensi batuk.

"Kondisi daya tahan tubuh pada saat batuk perlu diperhatikan untuk mencegah berkembangnya gejala batuk menjadi penyakit yang lebih parah," ucapnya.

Selain habbatussauda, juga bisa mengombinasikan jahe dan jeruk nipis untuk alternatif meredakan gejala batuk sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan atau tenggorokan dan sering dirasakan, terutama ketika memasuki musim pancaroba. 

"Sekarang ini pun virus COVID-19 belum benar-benar hilang sehingga ketika saat mengalami batuk, kita menjadi lebih khawatir. Walaupun batuk adalah bukan penyakit, tetapi jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak kepada organ tubuh lainnya, sehingga harus segera diobati," ungkapnya.

Sementara Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, Victor S. Ringoringo mengungkapkan habbatussauda merupakan herbal yang sudah digunakan di beberapa produk Deltomed karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Menurutnya, kehadiran Herbal Habbatussauda merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung kesehatan dan daya tahan tubuh masyarakat.

“Herbal Habbatussauda mengandung 100 persen herbal, habbatussauda, jahe, dan jeruk nipis dan lain-lain yang membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh," ujarnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut