get app
inews
Aa Read Next : Mitsubishi Expander Terbakar, Jalan Raya Sawangan Depok Macet Parah

Ganjil Genap di Depok Dihentikan, Timbulkan Kemacetan Ruas Jalan Lain

Sabtu, 18 Desember 2021 | 08:16 WIB
header img
Kemacetan di jalan Margonda Depok. Foto: Sindonews

DEPOK, iNews.id - Kebijakan ganjil genap di ruas Jalan Raya Margonda, Depok, Jawa Barat dihentikan mulai hari ini, Sabtu (18/12/2021).

Kasat Lantas Polres Metro Depok Komisaris Jhoni Eka Putra mengatakan, hal ini diputuskan berdasarkan hasil evaluasi uji coba ganjil genap Kota Depok. Uji coba ini dilaksanakan mulai dari Simpang Ramanda hingga flyover Universitas Indonesia (UI).

Uji coba gage justru menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan lain. "Dalam uji coba gage (ganjil genap) kemarin, kami menilai kebijakan itu memang efektif, namun untuk jalan yang diberlakukan gage saja. Sementara, jalan alternatif justru terjadi kepadatan," kata Jhoni, Jumat (17/12/2021).

Sebagai gantinya, untuk mengurai kemacetan di Kota Depok, pihaknya akan menertibkan faktor kemacetan lainnya, seperti parkir liar dan pemasangan rambu-rambu.

Meski gage dihentikan, pihaknya tidak menutup kemungkinan kebijakan tersebut akan diberlakukan lagi nanti.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Eko Herwiyanto pun mengakui bahwa ganjil genap di Jalan Margonda telah menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Eko menyebutkan, peningkatan volume kendaraan dan kemacetan terpantau di Jalan Komjen Pol M Jasin (Jalan Raya Kelapa Dua) dan Jalan Raya Siliwangi.

Warga pun banyak yang menumpahkan kekesalan mereka lewat media sosial. Adapun uji coba ganjil genap Depok sudah diberlakukan tiap Sabtu-Minggu pada 4-5 Desember dan 11-12 Desember 2021. Ganjil genap pada akhir pekan itu diberlakukan pukul 12.00-18.00 WIB.

 

Editor : Ikawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut