get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Absen Sejak 2018, Asia Road Racing Championship 2023 Bakal Digelar di Mandalika

Jum'at, 13 Januari 2023 | 01:30 WIB
header img
Ron Hogg (kedua dari kiri), Direktur Promosi Two Wheels Motor Racing (TWMR), selalu promotor ARRC. Foto: Tama/iNews Depok

JAKARTA, iNewsDepok.id - Indonesia kembali menggelar Asia Road Racing Championship (ARRC). Ajang balap bergengsi tingkat Asia tersebut kembali hadir di Indonesia pada putaran keempat, yang rencananya akan digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika pada 11-13 Agustus 2023 mendatang.

Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Troy Reza Warokka mengatakan, pihaknya bangga bisa mengusung kembali perhelatan balap tingkat Asia tersebut.

“Kami sangat senang dapat membawa kembali seri balap motor paling disegani di Asia ke Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika,” kata Troy dalam konferensi pers di Hard Rock Cafe Jakarta, Kamis (13/1/2023).

Troy memastikan jika Indonesia bukan hanya didaulat sebagai tuan rumah World Superbike 2023 dan MotoGp saja, tapi Sirkuit Mandalika juga akan menggelar Asia Road Racing Championship (ARRC).

“Ini juga merupakan komitmen ITDC dan MGPA kepada para pecinta balap di Indonesia untuk terus menjadikan sirkuit ini sebagai pusat kegiatan olahraga motor sekaligus mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,” imbuhnya.

Perlu diketahui, ARRC bukan kali pertama diadakan di Indonesia. Sebelumnya, ARRC pernah digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, pada 2018 lalu.

Sirkuit Mandalika nantinya akan menjadi tempat para pebalap Asia menorehkan prestasi.

Sementara itu, Direktur Promosi Two Wheels Motor Racing (TWMR), Ron Hogg selaku promotor ARRC mengaku senang bisa membawa kembali ajang tingkat Asia tersebut.

“Kami sangat senang bisa kembali ke Indonesia setelah balapan terakhir kami di Sirkuit Internasional Sentul pada tahun 2018. ARRC selalu berada di hati para penggemar kami di Indonesia dan tidak diragukan lagi salah satu yang paling menyaksikan seri balap motor di tanah air,” kata Ron Hogg.

“Kami memiliki mega fanbase di sana yang melengkapi bintang dan tim Indonesia kami yang luar biasa di semua kelas balapan, sehingga menandakan kebutuhan dan pentingnya kehadiran kami di wilayah ini,” kata pria asal Malaysia itu.

Ron mengatakan, sejak peluncuran Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, pihaknya telah menerima banyak permintaan untuk menggelar ARRC di sirkuit tersebut.

Namun karena berbagai alasan yang tidak dapat dihindari, TWMR masih tidak dapat memenuhi permintaan tersebut saat itu.

“Kami benar-benar berharap untuk menjelajahi sikuit lebih jauh sekarang dan kami yakin ini akan menjadi pengalaman yang memperkaya tim kami, pebalap, dan kru ,” lanjut Ron Hogg.


Pebalap Asia Road Racing Championship (ARRC). Foto: Instagram/asiaroadracing

“Tujuan kami untuk ARRC adalah untuk bekerja dengan mitra kami terutama ITDC, MGPA dan IMI dalam mengembangkan industri yang akan semakin menyempurnakan dan memperbesar standar pengendara kami di level tertinggi. Oleh karena itu, bersama dengan FIM Asia, TWMR menantikan inisiatif usaha patungan yang sukses dengan mitra kami di Indonesia!” kata Ron.

Pada kejuaraan ARRC di Sentul, 2018 silam, penonton tidak dipungut biaya selama menyaksikan jalannya adu geber pebalap. Namun di ARRC 2023 nanti, Ron belum memastikan apakah penonton akan dipungut biaya atau tidak.

"Mengingat biaya yang dikeluarkan kan berbeda situasinya dengan event tahun 2018. Ya seperti itulah lihat nanti saja," imbuh Ron.

Dalam ARRC nanti, Indonesia mendapat putaran keempat pada 11-13 Agustus 2023. Setelah putaran ketiga yang diadakan di Sugo International Circuit, Jepang, 23-25 Juni 2023.

 

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut