get app
inews
Aa Read Next : Anggota Parlemen Polandia Matikan Lilin Yahudi di Parlemen Dengan APAR

Terungkap Kunjungan Singkat Zelensky ke Washington: Ternyata Undangan dari Gedung Putih

Jum'at, 23 Desember 2022 | 15:42 WIB
header img
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih atas undangan dan sambutan hangat dari AS. Ia menyampaikan penghargaan "Cross of Combat Merit" dari perwira militer Ukraina kepada rekan Amerikanya. Foto: President of Ukraine

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kunjungan mendadak Volodymyr Zelensky ke Washington merupakan perjalanan luar negeri pertama presiden Ukraina sejak Operasi Militer Khusus Rusia dilancarkan 300 hari lalu. Perjalanan itu telah direncanakan selama berhari-hari dan diorganisir secara rahasia karena kekhawatiran akan keselamatannya. 

Melansir dari The Guardian, kedua pemimpin negara membahas kunjungan Zelensky dalam panggilan telepon pada 11 Desember. Tiga hari kemudian Gedung Putih menyampaikan undangan resmi. Zelensky menerimanya pada Jumat lalu dan kunjungan itu dikonfirmasi pada hari Minggu. 

Kunjungan Zelensky ke AS dimulai dengan perjalanan kereta rahasia ke Polandia pada Selasa malam. Keesokan paginya, Zelensky tiba di kota Przemysl di Polandia selatan, di mana ia terlihat di stasiun kereta bersama duta besar AS untuk Ukraina, Bridget Brink. 

Dari Polandia, Zelensky naik pesawat pemerintah AS dan mendarat pada Rabu siang di Joint Base Andrews di Maryland dekat Washington. 

Ia lalu melanjutkan perjalanan dengan iring-iringan mobil ke Blair House, wisma kepresidenan di sepanjang Pennsylvania Avenue. Dan setelah menyegarkan diri dari perjalanannya, ia pergi ke Gedung Putih, di mana dia disambut oleh Presiden Joe Biden dan ibu negara, Jill Biden. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut