get app
inews
Aa Read Next : Gurihnya Kue Rangi, Kuliner Tradisional Depok yang Dipanggang Pakai Kayu Bakar

Teh Karak Khas Qatar yang Nikmat dan Sehat karena Campuran Bumbu Dapur Ini, Berikut Resepnya

Rabu, 30 November 2022 | 07:06 WIB
header img
Teh Karak khas Qatar yang nikmat dan sehat. Foto: qatarliving

DEPOK, iNewsDepok.id - Saat menonton perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar, sebaiknya jangan lewatkan mencicipi kuliner tradisional khas Qatar. Salah satunya adalah Teh Karak yang nikmat dan sehat.

Teh Karak, salah satu tradisi yang ada di negara yang terletak di kawasan Timur Tengah ini. Kuliner ini menjadi kebanggaan kuliner dan cukup popular di Qatar dan sekitarnya.

Melansir iloveqatar.net, karak adalah bagian penting dari tradisi Qatar. Minuman panas ini sudah dijual di ratusan toko yang tersebar di seluruh kota dan dibutuhkan warga Qatar sebagai sehari-hari. Bahkan, teh karak menjadi minuman yang wajib disajikan saat teman dan keluarga berkumpul bersama.

Teh karak memiliki rasa yang nikmat, dan tentu saja menyehatkan tubuh karena mengandung bahan alami bumbu dapur. Karak terbuat dari campuran teh, susu, air, gula dan kapulaga. Bahan-bahan ini direbus menggunakan api kecil.

Di samping itu, beberapa orang juga menambahkan bumbu dapur lainnya sebagai penambah cita rasa dalam sajian teh karak seperti kayu manis, cengkeh atau kunyit

Bumbu dapur kapulaga menjadi bagian tak terpisahkan dari minuman tradisional Qatar ini. Kapulaga ini memiliki khasiat sebagai obat. Kapulaga dipercaya dapat meredakan kembung, mulas, keasaman, mual, kehilangan nafsu makan dan peradangan dalam tubuh, dan juga menurunkan tekanan darah.

Saat ini, banyak makanan penutup dan manisan seperti es krim dan kue yang hadir dalam rasa teh karak. Memang, rasa minuman membuat warga setempat ketagihan dan merasa penting minum minuman panas ini.

Namun, teh karak juga bisa diolah sendiri di rumah tanpa harus pergi jauh-jauh ke Qatar. Caranya pun cukup mudah dan sederhana.

Berikut resep Teh Karak:

Bahan

1 gelas air

1 sendok teh teh hitam bubuk

¼ sendok teh kapulaga yang dihancurkan atau dihaluskan

1 cangkir susu (biasa, kental atau diuapkan)

Gula untuk dicicip

Kunyit, jahe, kayu manis atau cengkeh (opsional)

Cara Membuat:

  1. Rebus secangkir air dalam panci dengan teh hitam dan bubuk kapulaga.
  2. Setelah campuran mendidih, tambahkan secangkir susu dan gula, banyaknya gula  sesuai selera.
  3. Rebus lagi dan didihkan selama beberapa menit. Pada titik ini, dapat ditambahkan bahan opsional seperti kunyit, jahe, kayu manis atau cengkeh.
  4. Tuang teh ke dalam cangkir menggunakan saringan.
  5. Nikmati setiap tegukan minuman yang panas dan seperti susu itu.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut