get app
inews
Aa
Read Next : Ditinggal Pemilik Salat Tarawih, Rumah Warga di Pancoranmas Depok Digasak Kawanan Maling

Rusia Fokus Hancurkan Senjata AS dan Sekutunya di Ukraina

Kamis, 24 November 2022 | 08:33 WIB
header img
PBB memperkirakan setidaknya 12 juta orang di Ukraina telah meninggalkan rumah mereka sejak Operasi Militer Khusus Rusia dilancarkan. Lebih dari lima juta telah pergi ke negara-negara tetangga. Foto: The Economic Times

JAKARTA, iNewsDepok.id - Militer Rusia menggunakan senjata presisi terhadap infrastruktur Ukraina untuk mengganggu aliran senjata yang disalurkan AS dan sekutunya ke Kiev dengan tujuan memperpanjang konflik, kata utusan Moskow untuk PBB Vassily Nebenzia, Rabu (23/11/2022).

Berbicara pada sesi luar biasa Dewan Keamanan PBB, yang menyerukan runtuhnya jaringan listrik di Ukraina dan Moldova, Nebenzia mengatakan serangan rudal Rusia ditujukan untuk mengganggu pengiriman senjata dan pasokan dari Barat ke pasukan Ukraina di garis depan, melalui dimana NATO sedang melakukan “perang proksi melawan Rusia.”

Mengutip dari Russia Today, Moskow tidak menargetkan tempat tinggal sipil, kata Nebenzia, mengklaim bahwa kerusakan yang disesalkan di daerah pemukiman sering disebabkan oleh pertahanan udara Ukraina yang dikerahkan di daerah berpenduduk.

“Akibatnya, puing-puing rudal atau roket Ukraina yang tersesat menabrak benda-benda yang bahkan tidak dituju oleh Rusia,” katanya, menunjuk pada foto-foto yang dibagikan pada hari Rabu oleh orang-orang Ukraina sendiri, yang diduga menunjukkan pecahan roket yang dipasok AS yang ditemukan di rumah-rumah rusak mereka di Kiev dan Vyshgorod di dekatnya.

“Aliran senjata Anda yang sembrono ke Ukraina telah menyebabkan kematian ini,” katanya kepada utusan Barat di Dewan Keamanan.

Nebenzia juga mencatat pernyataan "histeris dan sepenuhnya pembohong" yang datang dari Kiev tentang insiden 15 November di Polandia, ketika sebuah rudal S-300 Ukraina menewaskan dua penduduk desa di Przewodow. Namun pejabat Barat dan bahkan PBB terus mengulangi tuduhan Ukraina, tanpa bukti, katanya.

Salah satu tujuan Moskow adalah untuk menurunkan ancaman militer Ukraina ke Rusia, dan itu akan dilakukan sampai Kiev mengambil posisi yang lebih masuk akal, daripada bahasa ancaman dan ultimatum saat ini, kata Nebenzia.

Pertemuan hari Rabu menampilkan pernyataan video oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang menuduh Rusia sebagai “negara teroris”, yang ditentang Nebenzia karena melanggar protokol Dewan Keamanan tentang kehadiran pribadi.

Zelensky diikuti oleh duta besar AS Linda Thomas-Greenfield, yang menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin "jelas-jelas mempersenjatai musim dingin" dan berusaha "membekukan (Ukraina) agar tunduk."

AS akan terus mendukung Ukraina "selama yang dibutuhkan," tambah Thomas-Greenfield, ketika Kiev berjuang untuk "mempertahankan kebebasannya, kedaulatannya, dan demokrasinya."

Utusan Rusia juga menunjukkan bahwa PBB telah melihat ke arah lain sementara Ukraina menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhye dan bahkan mencoba menyalahkan Moskow untuk itu. Pasukan Rusia telah mengendalikan pabrik tersebut sejak 28 Februari.

Pada bulan Juni, pasukan Ukraina mulai meluncurkan serangan drone dan artileri ke fasilitas tersebut, menurut Kementerian Pertahanan Rusia.

Wakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Rosemary DiCarlo pada hari Rabu sekali lagi menyatakan “keprihatinan mendalam” tentang penembakan “sembrono dan menyedihkan” baru-baru ini terhadap ZNPP, tanpa menyebut pihak yang bertanggung jawab.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut