get app
inews
Aa Read Next : Panji Petualang Idap Diabetes, Ini Penjelasan Dokter Mengenai Kontrol Gula Darah dan Pola Makan

Sering Terpapar Polusi Udara, Berikut 6 Tips Detoks Paru-paru Tanpa Obat

Rabu, 16 November 2022 | 06:42 WIB
header img
Rutin berolahraga menjadi salah satu cara untuk mendetoks paru-paru. Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap

DEPOK, iNewsDepok.id - Seseorang bisa mengalami gejalayang muncul tiba-tiba seperti batuk, merasa kehabisan napas dan saluran udara meradang saat terpapar polusi udara yang tinggi.

Bahkan, kualitas udara yang jelek karena polusi udara tersebut bisa menyebabkan infeksi paru-paru dan kondisi paru-paru kronis seperti asma. Bagi penderita penyakit paru-paru, kondisi udara yang jelek akan lebih berbahaya bagi mereka.

Berbagai metode dapat mengatasi dampak buruk polusi udara, karena dapat meningkatkan kesehatan paru-paru tanpa obat dan campuran.

Berikut 6 tips detoks atau membersihkan paru-paru tanpa obat, seperti dirangkum pada Rabu, (16/11/2022):

  1. Olahraga Teratur

Olahraga teratur bisa membantu seseorang untuk menjaga kesehatan paru-paru. Pasalnya, olahraga akan membuat otot bekerja lebih keras dan mempercepat pernapasan serta meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke otot.

  1. Menghirup Uap Air

Menghirup uap air atau yang dikenal sebagai inhalasi uap, bisa membuka saluran udara dan membantu melepaskan lendir. Selain itu, selaput lendir saluran udara mungkin menjadi kering pada lingkungan yang tercemar dan dingin, serta bisa mengurangi aliran darah.

 

Di sisi lain, uap bisa menghangatkan dan melembabkan udara, yang dapat membantu pernapasan serta memecah lendir pada paru-paru maupun saluran udara.

  1. Hindari Penularan Infeksi

Kualitas udara serta perubahan cuaca saat ini bisa membuat seseorang rentan terhadap infeksi. Dengan mendapatkan vaksinasi flu dan paru-paru, sering mencuci tangan, dan menghindari kontak dengan penderita penyakit lain, kita bisa mencegah kerusakan lebih lanjut pada paru-paru.

  1. Jaga Kebersihan dalam Ruangan

Menjaga kualitas udara dalam ruangan agar tetap bersih sangat penting. Pastikan ruang yang ditempati udaranya bersih dan sering divakum. Hindari semprotan aerosol dan gunakan bahan pembersih alami yang bebas wangi. Selain itu, pastikan juga untuk menyapu dan membersihkan rumah secara teratur.

  1. Berhenti Merokok

Untuk mengurangi dan memperbaiki kerusakan paru-paru, berhentilah merokok. Bukan masalah sudah merokok selama tiga hari atau 30 tahun, tapi, langkah pertama untuk paru-paru yang lebih sehat yakni dengan berhenti merokok.

  1. Perbaiki Pola Makan

Memperbaiki pola makan bisa membantu membuat paru-paru sehat, khususnya bila seseorang memiliki penyakit kronis. Karena, pikiran dan tubuh akan tetap sehat apabila kita mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan serta mengandung berbagai vitamin dan nutrisi.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut