get app
inews
Aa Read Next : Ditegur Ortu Karena Idolakan Adolf Hitler, Remaja di Cakung Tewas Setelah Terjun Dari Lantai 13

WN Belanda Keturunan Jawa Sedih Nama Legendaris Untuk Orang Jawa Terancam Punah

Senin, 14 November 2022 | 19:38 WIB
header img
Christa Noella Wongsodikromo, WN Belanda yang memiliki garis keturunan dari Jawa. Foto: Tama/ iNews Depok.

JAKARTA, iNewsDepok.id  - Sudah tidak asing lagi bagi kita untuk mengetahui orang yang bersuku Jawa akan mudah diketahui dari namanya. Namun saat ini, sulit ditemui orang Jawa (Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur), yang masih menggunakan nama Jawa bagi bayinya yang baru lahir.

Saat ini banyak nama-nama Jawa seperti Sriyati, Ngatinem, Suginem dan lainnya, sudah dianggap kuno atau ketinggalan zaman. Padahal dalam budaya Jawa, mereka suka memberikan nama yang mudah diingat.

Bahkan tidak sedikit orang tua khususnya orang jawa lebih memilih nama kekinian untuk buah hatinya. Dan tidak sedikit, banyak orang tua juga menggunakan nama-nama yang berbau asing untuk anak-anaknya.

Dosen Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Moordiati SS, M.Hum. dalam jurnalnya yang berjudul  Saat Orang Jawa Memberi NamaStudi Nama di Tahun 1950 - 2000, memilih dan memberi nama tidak lagi dianggap sebagai sebuah persoalan besar, hingga pada akhirnya banyak nama yang justru tidak dikenal dan terdengar asing.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut