get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Kuatkan Literasi Karya Sastra, Cegah Intoleransi, Radikalisasme dan Terorisme

Kamis, 10 November 2022 | 11:39 WIB
header img
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar dalam acara Balai Pustaka Pulang Kampung Penguatan Literasi di Sumatera Barat. Foto: doc BNPT

PADANG, iNewsDepok.id  - Penguatan literasi melalui karya sastra menjadi salah satu cara untuk mencegah paham intoleransi, radikalisme dan terorisme. Dengan penguatan literasi, masyarakat akan memahami kebudayaan Indonesia yang indah karena keberagamannya.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan hal tersebut dalam acara Balai Pustaka Pulang Kampung Penguatan Literasi di Sumatera Barat. Acara berlangsung di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Rabu (9/11/2022).

Menurut Boy, karya sastra selama ini banyak menulis tentang nilai-nilai luhur budaya Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam karya sastra memiliki pesan-pesan untuk menjunjung tinggi toleransi sesam.

Karena itu karya sastra adalah sarana pendidikan karakter bangsa sehingga perlu terus dikembangkan dan diperkuat.

“Kami sangat bersyukur seandainya pendidikan karakter ini diangkat kembali di kalangan anak-anak remaja kita. Ini bisa untuk mencegah pengaruh buruk di era global dengan masuknya ideologi dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,” ungkap Kepala BNPT RI.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. yang diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan, Drs. Syafrizal mengatakan, pihaknya optimis penguatan literasi dan minat baca dapat menuntun generasi bangsa menjadi lebih kritis sehingga dapat menangkal pengaruh negatif.

“Kegemaran membaca generasi muda saat ini tetap terjaga dengan substansi yang berimbang antara sejarah, kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang akan membuatnya pribadi yang punya sikap dan perilaku yang baik” ungkapnya. 

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama Balai Pustaka, Achmad Fachrodji juga menyampaikan apresiasi kepada para pegiat literasi yaitu para sastrawan dan penulis ternama yang banyak berasal dari Sumatera Barat, salah satunya adalah Aman Datuk Madjoindo yang tak lain adalah kakek dari Boy Rafli.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut