get app
inews
Aa Read Next : PSG Selangkah Lagi Juara, Galtier Bawa Ambisi Besar Untuk Kalahkan Auxerre

Terungkap! Alasan Benfica Unggul Dari PSG di Grup H

Kamis, 03 November 2022 | 14:25 WIB
header img
SL Benfica berhasil menjuarai Grup H Liga Champions 2022-2023. (Foto: Intagram slbenfica)

JAKARTA, iNewsDepok.id - Benfica berhasil mengungguli Paris Saint-Germain (PSG) meski memiliki poin dan jumlah gol yang sama di Grup H Liga Champions 2022-2023. Hal itu terjadi lantaran tie breaker yang dikeluarkan FIFA menilai Benfica lebih unggul dari tim Messi cs.

Sebelum laga Juventus VS PSG dan Maccabi Haifa vs Benfica (3/11/2022) dini hari WIB, PSG dan Benfica memiliki poin yang sama yaitu 11. Saat itu Les Parisiens –julukan PSG sempat menjuarai di Grup H karena memiliki selisih gol +8 sedangkan Benfica +4.

Pada dua pertandingan yang mempertemukan PSG vs Benfica, hasilnya sama-sama berakhir imbang 1-1. Dapat dinilai mereka memiliki kekuatan yang sama.

PSG maupun Benfica jelas mengincar posisi pertama di Grup H demi menghindari tim kuat pada 16 besar nantinya. Alhasil, PSG berhasil menaklukkan Juventus 2-1 lewat gol Kylian Mbappe dan Nuno Mendes pada laga tandang di Arena Stadion, Torino, Italia.

Saat laga Mbappe cs melawan Bonucci cs berakhir, laga antara Maccabi Haifa vs Benfica masih berjalan. Saat itu Benfica unggul 5-1 pada menit akhir pertandingan.

PSG akan menjadi juara grup jika pertandingan Benfica vs Maccabi hanya berakhir dengan skor 5-1. Hal itu terjadi lantaran anak asuh Christophe Galtier menang selisih gol +9 dari Benfica +8.

Akan tetapi Joao Mario berhasil menambah skor Benfica menjadi 6-1 sebelum pertandingan usai yaitu menit 90+2. Atas kemenangan ini, Benfica memiliki perolehan poin, jumlah gol, kebobolan dan selisih gol yang sama dengan PSG.

Ketika hal serupa terjadi maka tie breaker yang dikeluarkan UEFA menjadi penilaiannya, yaitu:

1. Poin dari seluruh pertandingan yang melibatkan tim yang poinnya sama.

2. Selisih gol dari seluruh pertandingan yang melibatkan tim yang poinnya sama

3. Jumlah gol dari seluruh pertandingan yang melibatkan tim yang poinnya sama

4. Selisih gol seluruh pertandingan

5. Jumlah gol di seluruh pertandingan

6. Gol tandang di seluruh pertandingan

PSG dan Benfica memiliki hasil yang sama pada poin 1 sampai 5 tie breaker itu. Akan tetapi, Benfica berhasil unggul pada poin ke 6 karena memiliki gol tandang lebih banyak dari PSG yaitu sembilan berbanding enam.

Atas hasil itu Benfica keluar sebagai juara Grup H. Sedangkan PSG yang menjadi runner-up akan melawan tim kuat yang menjuarai grup lain pada babak 16 besar seperti Bayern Muchen, Real Madrid, Man City dan Chelsea.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut