get app
inews
Aa Read Next : Rumah Tajwid Asal Depok Gelar Pengajian di Jerman Diikuti 150 WNI

Waduh! Ukraina Butuh 5 Miliar Dollar per Bulan untuk Anggaran Negara

Rabu, 26 Oktober 2022 | 12:29 WIB
header img
Bank sentral Ukraina memperkirakan inflasi akan mencapai 24,5% pada tahun 2022. Foto: Ils

JAKARTA, iNewsDepok.id - Ukraina membutuhkan antara empat dan lima miliar dolar per bulan untuk mempertahankan anggarannya, ujar Alexander Rodnyansky, seorang pembantu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Selasa (26/10/2022). Menurut pejabat itu, Kiev mengharapkan Uni Eropa untuk menutupi sekitar setengah dari jumlah itu.

“Kami percaya bahwa Jerman dapat mengambil sekitar $500 juta per bulan,” kata Rodnyansky, menambahkan bahwa itu akan sangat diperlukan pada tahun 2023. “Negara harus berfungsi, pensiun harus dibayar.”

Mengutip dari Russia Today, Kiev juga berharap mendapatkan sekitar $2 miliar per bulan dari UE secara keseluruhan. Tidak jelas apakah jumlah ini akan membengkak lebih jauh di masa depan, karena Ukraina memperkirakan inflasinya akan mencapai 24,5% pada tahun 2022, menurut bank sentral negara itu.

Pembantu presiden menuduh Rusia membuka “front ekonomi dalam perang” dengan menargetkan infrastruktur energi Ukraina. Moskow telah berhasil "menghentikan ekspor listrik Ukraina," katanya, menambahkan bahwa Ukraina akan menghadapi "krisis yang sangat besar" musim dingin ini dan akan sangat membutuhkan "pakaian termal, listrik darurat dan generator diesel" di antara barang-barang lainnya.

Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck sudah menyerukan paket "bantuan musim dingin yang mendesak" untuk Ukraina, yang akan mencakup pembangkit listrik, transformator, dan peralatan perbaikan jaringan.

Jerman sendiri sedang menghadapi krisis energi akut dan berusaha membatasi konsumsi di tengah harga gas dan energi yang tinggi yang sebagian disebabkan oleh upaya UE untuk mengurangi ketergantungannya pada impor energi Rusia.

Perdana Menteri Ukraina Denis Shmigal juga menyebutkan total biaya pemulihan infrastruktur Ukraina sekitar $750 miliar pada hari Senin. Jumlah ini termasuk biaya pengembangan dan modernisasi daerah yang belum terkena dampak konflik Kiev dengan Rusia.

Bank Dunia dan AS percaya bahwa biaya sebenarnya untuk membangun kembali Ukraina adalah setengahnya dan berjumlah sekitar $350 miliar, kelompok media melaporkan.

Pada hari Senin, Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan kepada Forum Ekonomi Jerman-Ukraina, yang saat ini diadakan di Berlin, bahwa pemerintahnya ingin Ukraina menjadi anggota penuh Uni Eropa dan harus merencanakan upaya pembangunan kembali “dengan mempertimbangkan tujuan Ukraina sebagai anggota UE.”

Infrastruktur transportasi dan logistik Ukraina harus dibangun kembali dengan cara yang memungkinkannya terhubung dengan cepat ke blok tersebut, tambahnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut