get app
inews
Aa Read Next : Inggris Bangkit dari Kritik, Melaju ke Final Piala Eropa 2024

Kecewa dengan Wasit, Pelatih Hungaria Akui Keunggulan Jerman

Jum'at, 21 Juni 2024 | 10:22 WIB
header img
Foto Instagram resmi @mlsztv

JAKARTA, iNews Depok.id - Kekalahan 0-2 yang dialami timnas Hungaria dari Jerman pada laga Grup A Euro 2024 pada Kamis dini hari lalu diterima dengan lapang dada oleh pelatih Marco Rossi.

Meski begitu, ia menyesalkan sejumlah keputusan wasit yang dinilai merugikan timnya dan mengurangi peluang untuk melaju lebih jauh di turnamen akbar tersebut.

Gol pembuka Jerman dicetak Jamal Musiala pada menit ke-22 setelah insiden benturan antara Ilkay Guendogan dan Willi Orban. Meski pemain Hungaria memprotes, wasit asal Belanda Danny Makkelie tetap mengesahkan gol tersebut. Sementara itu, gol kedua tuan rumah diciptakan Guendogan usai menyambar umpan Maximilian Mittelstadt pada menit 67.

"Wasit menggunakan standar ganda, karena pada babak pertama wasit mengesahkan gol setelah mendorong Orban. Kemudian pada babak kedua dalam situasi yang sama dengan pemain Jerman (Robert) Andrich, wasit malah meniup peluit pelanggaran," ucapnya.

Rossi mengakui keunggulan Jerman, tetapi merasa kecewa dengan keputusan wasit yang mengesahkan gol pertama lawan. Hasil ini membuat Hungaria tetap tertahan di dasar klasemen sementara Grup A tanpa mengoleksi poin.

"Jadi, kita harusnya menggunakan satu standar saja, bukan standar ganda. Dari sudut pandang saya, Jerman memang tetap pantas menang karena lebih kuat segalanya dari kita. Tetapi, keputusan wasit adalah yang terburuk di lapangan. Jerman tidak membutuhkan bantuan dari wasit, terutama melawan tim seperti Hungaria," tambahnya.

Untuk menjaga peluang melaju ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim dengan peringkat tiga terbaik, Hungaria wajib mengalahkan Skotlandia pada laga pamungkas. Kemenangan menjadi harga mati bagi skuad arahan Rossi untuk terus berlaga di Euro 2024.

"Secara matematis kami belum tersingkir dari Euro, dan dalam pertandingan terakhir, kami akan berusaha keras untuk menang," ujar Rossi.

"Kami mengharapkan pertandingan yang berbeda (melawan Skotlandia), dan tentu saja kami akan mempersiapkan aspek taktis untuk pertandingan berikutnya dan terakhir. Tapi yang paling penting menurut saya adalah memberikan upaya maksimal di lapangan," pungkasnya.

Kekalahan dari Jerman meninggalkan pekerjaan rumah besar bagi Hungaria. Mereka harus mengalahkan Skotlandia pada laga terakhir untuk memiliki peluang lolos sebagai salah satu dari empat tim dengan peringkat ketiga terbaik di Euro 2024 kali ini. Jika gagal menang, mimpi untuk melaju ke babak sistem gugur akan sirna bagi tim besutan Marco Rossi.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut