get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Depok Hujan Es, Ini Proses Terbentuknya Hujan Es Menurut BMKG

Minggu, 09 Oktober 2022 | 21:23 WIB
header img
Hujan es terjadi akibat aliran udara ke bawah yang cukup tinggi. Rendahnya suhu di permukaan bawah membuat air membeku menjadi butiran es. Foto: Ilustrasi BMKG.

DEPOK, iNewsDepok.id – Depok dilanda hujan es hari ini, Minggu (9/10/2022). Mengingat kejadian langka,  masyarakat Depok pun mengumpulkan es dan memotretnya. Lalu bagaimana hujan es bisa terjadi di negara seperti Indonesia, ini penjelasan BMKG.

Menurut BMKG seperti dikutip dari bmkg.go.id, hujan es biasanya akan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Prosesnya mulai terlihat pada pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB. Tumbuh awan Cumulus (awan putih berlapis - lapis). Diantara awan tersebut ada satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna abu - abu menjulang tinggi seperti bunga kol atau jamur.

Tahap berikutnya awan tersebut akan cepat berubah warna menjadi abu - abu hitam yang dikenal dengan awan Cumulonimbus (Cb).

Pada saat menjelang hujan, dahan atau ranting pepohonan mulai bergoyang cepat.

Udara dingin tiba-tiba muncul. Biasanya hujan yang pertama kali turun adalah hujan deras tiba - tiba, apabila hujannya gerimis maka disertai angin kencang.

Selanjutnya terjadi hujan es.  Ini akibat aliran udara ke bawah yang cukup tinggi. Rendahnya suhu di permukaan bawah membuat air membeku menjadi butiran es.

Demikian proses terbentuknya hujan es. Kejadian ini ilmiah meski di daerah tropis seperti Indonesia.
 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut