Logo Network
Network

Kukuhkan Lima Guru Besar Sekaligus, UP Punya 24 Profesor

R Ratna Purnama
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 16:13 WIB
Kukuhkan Lima Guru Besar Sekaligus, UP Punya 24 Profesor
Lima Guru Besar dari berbagai disiplin ilmu di Universitas Pancasila dikukuhkan. Foto: Humas

JAKARTA, iNewsDepok.id - Universitas Pancasila (UP) mengukuhkan lima Guru Besar (gubes) sekaligus. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT. dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM., IPU., CMA. dalam Bidang Ilmu Managemen Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Ir. Iha Haryani Hatta, SE., MM dalam Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kemudian  Prof. Dr. B.F. Sihombing, S.H., M.H dalam Bidang Ilmu Hukum Fakultas Hukum, Prof. Dr. apt. Dian Ratih Laksmitawati, M. Biomed dalam Bidang Ilmu Farmasi Fakultas Klinik dan Komunitas Fakultas Farmasi. Saat ini, UP sudah memiliki 24 Guru Besar dari berbagai bidang ilmu.

Rektor UP, Prof. Edie Toet Hendratno mengatakan, pengukuhan kelima Guru Besar tersebut merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi Seluruh Sivitas Akademika UP. “Hari ini dapat menyelenggarakan acara sidang Senat Akademik dengan mengukuhkan 5 Guru Besar sekaligus, ini merupakan peristiwa yang langka bagi Perguruan Tinggi manapun di Indonesia,” katanya, Senin (3/9/2022).

Guru Besar yang dimiliki UP tersebar di 29 Program Studi (prodi). Tahun 2021, UP menghasilkan Dosen dengan Jabatan Akademik/Fungsional bergelar Profesor/Guru Besar terbanyak di DKI Jakarta.  

“Kami terus berupaya mendorong pada Dosen untuk dapat mencapai gelar Profesor atau Guru Besar, ini merupakan prestasi bagi Perguruan Tinggi, karena sebuah universitas yang berkembang itu salah satunya dilihat dari jumlah Guru Besar dan akreditasinya, dengan semakin banyaknya dosen bergelar Guru Besar maka mutu perguruan tinggi yang ada di Indonesia dapat terus meningkat,” ujarnya.

Sementara, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani menambahkan, pengukuhan ini merupakan sejarah baru bagi UP sejak awal berdirinya. Karena UP langsung mengukuhkan lima orang sekaligus sebagai Guru Besar. Menurutnya, ini sejarah baru juga bagi LLDikti Wilayah III.  

“Kami menyambut baik atas prestasi yang terus diberikan oleh UP sebagai salah satu Perguruan Tinggi kebanggan kami di LLDikti Wilayah III, kami membina sebanyak 301 PTN dan PTS di Jakarta dan UP selalu membanggakan kami dengan banyak hal yang unggul,” katanya.

Disebutkan, Guru Besar adalah sebuah prestasi tertinggi dibidang akademik bagi setiap Dosen. Setidaknya ada 320.000 orang dosen di Indonesia ini, dan di LLDikti Wilayah III ini ada 24.000 orang Dosen, tetapi hanya ada 1,5 persen saja dosen yang memiliki gelar Profesor.

“Jadi bagi seluruh Guru Besar yang dikukuhkan hari ini merupakan orang-orang yang eksklusif yang kami miliki. Karena itu, kami mohon izin kepada para Guru Besar yang baru saja dikukuhkan untuk terus mengembangkan ilmunya,” ujarnya.

Dia pun berharap agar UP terus menginspirasi seluruh Dosen di lingkungan kampus untuk dapat menaikan para Lektor Kepala menjadi Guru Besar. Sehingga tercipta percepatan Guru Besar lainnya yang akan menyusul.

“Diharapkan tahun depan capaian ini akan terus meningkat, kami akan menaikan target Guru Besar di UP setidaknya ada tujuh Guru Besar pada tahun depan, semoga ini dapat terus menginspirasi para Dosen sekalian,” pungkasnya.

 

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.